Perhatikan 5 Hal Ini Bila Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan

Mengendarai sepeda motor saat hujan bukanlah perkara mudah karena pengendara harus lebih berhati-hati agar tidak celaka

Perhatikan 5 Hal Ini Bila Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Berkendara menggunakan sepeda motor saat hujan bukan sebuah kegiatan yang mudah. Pasalnya saat kondisi hujan, jalan akan lebih licin sehingga traksi ban akan berkurang bila dibandingkan saat cuara cerah.

Selain itu, pengendara juga akan lebih sulit untuk memilih jalan tak berlubang karena umumnya jalan tertutup genangan. Tidak heran bila sering terjadi kecelakaan saat berkendara menggunakan sepeda motor saat hujan.

Untuk itu, disarankan kepada para pengemudi sepeda motor untuk jauh lebih berhati-hati dan waspada saat berkendara menggunakan sepeda motor kala hujan. Bahkan bila perlu, tidak ada salahnya untuk menunda perjalanan bila dirasa kondsii cuaca semakin buruk

Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan

Hindari Jas Hujan Ponco dan Tandem

Photo : Suzuki

Ada beberapa jas hujan yang dijual di pasaran, mulai dari tandem, ponco dan single. Dilansir dari NTMC, jas hujan terbaik adalah model single karena risiko terlilit rantai motor lebih kecil bila dibandingkan 2 jenis lainnya.

Jaga Jarak Kendaraan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa jalan licin akan mengurangi traksi ban terhadap jalan. Kondisi tersebut berpotensi membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh bila dibandingkan sebelumnya.

Untuk itu, pastikan untuk tidak menekan rem secara tiba tiba karena akan menyebabkan ban selip akibat licinnya jalanan. Sebaiknya manfaatkan pula engine brake untuk mengoptimalkan pengereman serta menjaga jarak kendaraan agar terhindari dari kecelakaan.

Nyalakan Lampu Kendaraan

Lampu memang sudah wajib untuk selalu dinyalakan saat berkendara baik siang maupun malam. Nyalanya lampu menjadi semakin penting saat hujan karena bisa membantu pengendara lain untuk mengenali posisi kendaraan Anda.

Tingkatkan Kewaspadaan

Hujan lebat selain membatasi jarak pandang juga menutupi jalan dengan genangan air sehingga beresiko terperosok pada lubang yang tertutup air. Maka sebaiknya kemudikan motor pelan-pelan dan selalu waspada serta bersiap untuk mengahdapi segala macam kondisi jalan.

Berhenti Bila Kondisi Cuaca Memburuk

Berkendara saat hujan sangat berbahaya khususnya saat disertai oleh angin kencang karena berpotensi menyebabkan pohon tumbang. Untuk itu tidak ada salahnya untuk menepi bila dirasa cuaca semakin memburuk

Artikel Terkait