Pertalite Belum Hilang, Shell RON 90 Sudah Lenyap

BBM (Bahan Bakar Minyak) Shell RON 90 secara resmi dihentikan penjualannya di Indonesia per 1 Januari 2022

Pertalite Belum Hilang, Shell RON 90 Sudah Lenyap
Photo: Shell Indonesia

TRENOTO –  Sejalan dengan rencana Pemerintah menghapus penjualan Pertalite di Indonesia, Shell RON 90 secara resmi dihentikan distribusinya di seluruh SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

Seperti dilansir website resmi Shell Indonesia, terlihat jelas perusahaan tak lagi menjual Shell Regular karena tak masuk dalam dalam daftar harga BBM yang dijual saat ini.

Sebelum benar-benar dihapus, harga Shell Regular di Indonesia berada di angka Rp9.500 untuk satu liternya. Harga tersebut sempat mengalami kenaikan hingga Rp10.520 per liter pada Oktober 2021.

Setelah dijual lebih dari Rp10 ribu, BBM jenis ini akhirnya tak lagi dijual. Tak diketahui secara pasti kapan tepatnya perusahaan SPBU swasta ini menghapus penjualan bensin tipe Regular di Indonesia.

Meski demikian, sejak akhir tahun lalu, perusahaan sudah tak mencantumkan harga salah satu produknya tersebut di website resmi Shell. Hal ini tentu menandai hilangnya varian Regular di pasar domestic Tanah Air.

Mengawali tahun 2022, terdapat  5 jenis bahan bakar yang dijual Shell saat ini, yakni Super memiliki RON 92, V-Power dengan RON 95 dan yang tertinggi Power Nitro + karena memiliki RON 98.

Khusus pemilik kendaraan diesel, terdapat dua pilihan BBM yang bisa dibeli, yakni V-Power Diesel dan Diesel Xtra.

Photo : Shell Indonesia

Harga BBM Shell

Terkait harga, BBM yang ditawarkan Shell saat ini kembali mengalami perubahan dibandingkan awal Desember 2021. Seluruh jenis yang dijual megalami penurunan pada Januari 2022.

Dari penelusuran yang dilakukan TrenOto di website resmi Shell, harga Super di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Baratdan Jawa Timur dibanderol Rp12.040 per liter, sedangkan Sumatra Utara lebih murah yakni Rp11.500.  

Sementara itu, untuk varian Shell V-Power dijual Rp12.560 per liter, untuk Jakarta, Jawa barat, Banten dan Jawa Timur, serta Rp12.300 per liter khusus Sumatera Utara.

Khusus V-Power Nitro+ atau setara dengan Pertamax Turbo, memiliki harga Rp12.790 per liter untuk Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Lalu harga produk V-Power Diesel dijual Rp11.990 per liter, untuk wilayah Jakarta, Jawa barat dan Banten.

Hanya tersedia di Sumatra Utara, harga Diesel Extra berada di angka Rp11.150 pada Januari 2022.

Artikel Terkait