Pertalite Resmi Gantikan Premium, Segini Harganya

Kementrian ESDM menunjuk Pertalite resmi gantikan Premium sebagai bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi

Pertalite Resmi Gantikan Premium, Segini Harganya
Photo: Pertamina

TRENOTO – Bahan bakar jenis Pertalite resmi gantikan Premium yang dihapus. Pertalite dengan nilai RON 90 akan menjadi Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) menggantikan Premium RON 88.

Adapun aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan yang diteken pada 10 Maret 2022.

“Bensin RON 90 ditetapkan sebagai JBKP berdasarkan Kepmen ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tanggal 10 Maret tentang JBKP,” ucap Tutuka Ariadji, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementrian ESDM seperti dikutip Antara.

Tutuka menjelaskan bahwa pihak ESDM memprediksikan penyaluran Pertalite akan melebihi kuota 15 persen hingga akhir tahun ini. Hingga Februari 2022 penyaluran BBM RON 90 tersebut tercatat sebanyak 4.25 juta kiloliter.

Angka di atas dikatakan telah melebihi kuota secara year to date atau 18.5 persen.

Photo : Pertamina

“Jika diestimasikan melalui normal scenario, maka di akhir 2022 akan terjadi over kuota sebesar 15 persen dari kuota normal,” katanya lebih lanjut.

Dengan kondisi tersebut, Pemerinta menetapkan kuota Pertalite pada tahun ini sebesar 23.05 juta. Jika sesuai prediksi terjadi kelebihan kuota, maka volume penyalurannya akan mencapai 26.5 juta kiloliter.

Dengan diresmikannya Pertalite menjadi BBM bersubsidi atau JBKP, maka Pemerintah akan memberlakukan harga Rp 7.650 per liter. Angka tersebut sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak atas penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB).

Keunggulan Pertalite

Resmi menjadi BBM bersubsidi, Pertalite dipasarkan dengan harga lebih terjangkau. Namun jika dibandingkan Premium RON 88, kualitasnya tentu lebih baik karena angka oktan yang lebih tinggi.

Dengan angka oktan lebih tinggi, secara otomatis akan membuat pembakaran mesin kendaraan lebih baik. Disebutkan pada laman Pertamina, bahan bakar Pertalite RON 90 cocok digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9 : 1 dan 10 : 1.

Photo : Pribadi

Jika spesifikasi mesin dalam hal rasio kompresi lebih tinggi dari angka di atas, maka sebaiknya menggunakan BBM angka RON lebih tinggi.

Untuk mobil rasio kompresi mesin di atas 10 : 1 pada umumnya terdapat pada mobil medium atau mewah. Pilihan BBM untuk kendaraan jenis ini adalah Pertamax dan Pertamax Turbo.

Artikel Terkait