Piringan Cakram Berkarat, Begini Cara Membersihkannya

Sebagai komponen penting, pemilik kendaraan wajib memeriksa kondisi piringan cakram agar berkerja optimal

Piringan Cakram Berkarat, Begini Cara Membersihkannya
Photo: Mitsubishi Motors

TRENOTO – Menjadi salah satu bagian terpenting dari kendaraan motor, rem berfungsi untuk menahan atau menghentikan laju kendaraan. Karena itu, komponen ini memerlukan perawatan dan perhatian dari pemilik kendaraan.

Saat ini terdapat beragam jenis rem, salah satu yang banyak digunakan ialah piringan cakram. Memiliki keunggulan, rem jenis ini diklaim lebih efektif dibandingkan rem biasa atau jenis teromol.

Sesuai namanya, rem ini dilengkapi dengan bagian yang memiliki nama cakram. Berbentuk piringan, komponen ini mampu menahan laju kendaraan saat sedang berputar.

Mempunyai daya gesek yang kuat, rem cakram memiliki kekuatan lebih baik dibandingkan rem biasa. Alasan inilah yang membuat rem cakram lebih banyak digunakan, karena dinilai lebih aman dan efektif.

Penyebab Rem Macet

Banyak peristiwa kecelakaan terjadi karena rem tidak berfungsi. Penyebab rem macet ada beberapa macam, penyebab umum biasa terjadi adalah dikarenakan kotoran yang melekat pada rem. Meski demikian, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan ialah rem mengalami karat.

Hampir sama dengan debu dan kotoran, karat biasanya terdapat pada bagian piringan rem. Akibat nya rem pada kendaraan akan menjadi seret dan akhirnya macet.

Photo : Suzuki Indonesia

Cara Mengatasi Rem Macet Karena karat

Untuk mengatasi rem macet akibat karat, pemilik kendaraan harus membersihkannya. Penyebab timbulnya karat pada piringan rem ialah tak pernah dibersihkan saat masih dalam keadaan basah.  

Terus digunakan, pemilik sebaiknya menyisihkan waktu untuk mengatasi rem seret karena. Untuk lebih jelasnya berikut cara membersihkan karat pada kendaraan seperti dilansir Suzuki Indonesia dan Mitsubishi Motors, Kamis (23/12/2021).

Sebenarnya noda karat ringan pada kendaraan akan hilang ketika kendaraan berjalan 3 atau 5 meter. Ini terjadi karena gesekan dari kampas rem. Sangat wajar, pemilik kendaraan tak perlu takut kualitas pengereman mobil akan berkurang. 

Pertama-tama, pemilik kendaraan perlu membuka kaliper pada piringan cakram. Setelah terlepas, bersihkan karat hingga piringan bersih. Sebaiknya tidak menggunakan cairan penetran yang licin saat membersihkan piringan cakram.

Hal ini dikarenakan, piringan cakram yang licin dari cairan bisa membuat jepitan dari kampas rem ke piringan menjadi berkurang dan membahayakan pengemudi.

Setelah karat hiang, olesi piringan cakram dengan menggunakan grease atau gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar.

Jangan lupa menjalankan mobil minimal satu kali dalam seminggu, agar komponen yang terdapat pada mobil tak mengalami kerusakan.

Artikel Terkait