Ratu Elizabeth II Mengemudi Tanpa SIM

Menjadi hak istimewa bagi penguasa Inggris, Ratu Elizabeth II mengemudi tanpa SIM dan pelat nomor kendaraan

Ratu Elizabeth II Mengemudi Tanpa SIM
Photo: Independent

TRENOTO – Menjadi hak prerogatif kerajaan untuk penguasa Inggris, Ratu Elizabeth II mengemudi tanpa SIM (Surat Izin Mengemudi) dan bisa mengendarai kendaraan tanpa pelat nomor. 

Selain menjadi satu-satunya orang Inggris yang bisa mengemudi tanpa surat resmi, Ratu juga tak pernah mengikuti tes mengemudi seperti dilansir laman resmi Kerajaan Inggris, royal.uk.

Meski memiliki sopir pribadi, Ratu Elizabeth II diketahui beberapa kali memilih mengemudi sendiri. Bahkan di usia lanjutnya, ratu terlama Inggris ini bersikeras menjalankan kendaraannya sendiri, khususnya saat berada di sekitar properti pribadinya.

Photo : 123RF

Tak hanya itu, Ratu juga secara rutin menghadiri Royal Windsor Horse Show, di mana ia merasa sangat nyaman ketika harus mengemudi mobil Range Rover miliknya.

Moment lain yang banyak menyita perhatian terjadi pada 1998. Saat itu ratu mengejutkan Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz Al Saud karena bersedia menjadi sopir.
 
Masih berstatus berstatus pangeran saat itu, Abdullah bin Abdulaziz Al Saud diajak berkeliling di sekitar perkebunan Balmoral kerajaan, Skotlandia.

Mantan Duta Besar Inggris Sherard Cowper-Coles menceritakan pertemuan itu kepada Sunday Times. Ia mengatakan, hal tersebut mengejutkan Pangeran Abdullah karena saat itu wanita belum diizinkan mengemudi di Arab Saudi. 

"Seperti yang diinstruksikan, putra mahkota naik ke kursi depan Land Rover, dengan penerjemahnya di kursi di belakang. Yang mengejutkan, Ratu naik ke kursi depan, ke kursi pengemudi, memutar kunci kontak dan pergi. Wanita belum diizinkan mengemudi di Arab Saudi dan Abdullah tidak terbiasa dikendarai oleh seorang wanita, apalagi seorang ratu,” ujarnya.

Photo : 123RF

Ratu Elizabeth II Tak Perlu Paspor

Hak istimewa lain yang dimiliki Ratu Elizabeth II ialah tidak membutuhkan paspor untuk bepergian ke luar negeri. Hal ini karena seluruh paspor Inggris diterbitkan atas nama Yang Mulia Ratu.

“(Sehingga) Ratu tidak perlu memilikinya. Semua anggota Keluarga Kerajaan lainnya, termasuk The Duke of Edinburgh (Pangeran Philip/suami Ratu Elizabeth) dan The Prince of Wales (Pangeran Charles, sebelum dinobatkan sebagai Raja Charles III) memiliki paspor,” dikutip dari laman resmi Kerajaan Inggris. 

Artikel Terkait