Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Diperpanjang Sepekan

Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI diperpanjang selama sepekan untuk memberi kesempatan dilakukannya evaluasi lanjutan

Rekayasa Lalu Lintas di Bundaran HI Diperpanjang Sepekan
Photo: @hidayat_adi

TRENOTO – Dinas Perhubungan DKI Jakarta memperpanjang uji coba rekayasa lalu lintas di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Perpanjangan ini dilakukan selama sepekan mulai 10 hingga 17 Juli 2022.

Uji coba ini dilakukan saat sore hari pukul 16.00 hingga 21.00 WIB. Diimbau kepada para pengguna jalan agar menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

Pelaksanaan uji coba sendiri sebenarnya sudah dilakukan pada tanggal 4 hingga 10 Juli 2022 lalu. Namun tampaknya Dishub DKI Jakarta masih harus melakukan waktu tambahan untuk memastikan efektivitas dari rekayasa lalu lintas terhadap kelancaran arus kendaraan.

Photo : @dishubDKIJakarta

Meski demikian, Syarif Liputo, Kepada Dishub DKI Jakarta mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas berhasil meningkatkan kecepatan rata-rata kendaraan. Untuk kecepatan rata-rata dari arah utara (jalan Thamrin, Selatan (jalan Sudirman maupun Timur (Jalan Imam Bonjol) yang sebelumnya hanya 29 km/jam meningkat menjadi 30 km/jam.

Uji coba rekayasa lalu lintas tahap kedua ini akan dilakukan evaluasi lanjutan khususnya dampak terhadap jalan di sekitar. Lokasi yang menjadi pusat perhatian adalah jalan Rasuna Said, jalan Kebon Kacang dan jalan KH Mas Mansyur.

“Sementara kami lakukan evaluasi secara kawasan. Mudah-mudah pekan ini setelah kami melakukan pembahasan teknis, akan diumumkan dipermenankan atau seperti apa,” tegas Syarif beberapa waktu lalu.

Photo : @dishubDKIJakarta

Berikut rute rekayasa lalu lintas di Bundaran HI selama sepekan ke depan

  • Pengalihan lalu lintas dari arah Selatan ke Timur dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk Bus Transjakarta dan rombongan VVIP
  • Pengalihan lalu lintas dari arah Timur ke utara
  • Lalu lintas dari Selatan yang akan menuju ke Timur dialihkan melalui Jalan M.H. Thamrin – putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Kementerian Perhubungan
  • Lalu Lintas dari Timur yang akan menuju ke Barat/Utara dialihkan belok kiri melalui Jalan Jenderal Sudirman – putar balik di Landmark Kolong Sudirman – Jalan Galunggung – belok kiri ke Kupingan BNI – Jalan Jenderal Sudirman – dan seterusnya.

Dengan adanya rekayasa lalu lintas ini maka diharapkan kepadatan lalu lintas di lokasi tersebut dapat berkurang. Pasalnya sudah tidak ada lagi persilangan yang biasa menjadi salah satu penyebab kepadatan khususnya di jam-jam sibuk.

Artikel Terkait