Rest Area Jadi Biang Keladi Macet Jalan Tol Japek dan Cipali

Rest Area KM 57 tol Jakarta Cikampek, KM 71 dan KM 166 jalan Tol Cipali menjadi biang keladi macet Jalan Tol

Rest Area Jadi Biang Keladi Macet Jalan Tol Japek dan Cipali
Photo: antara

TRENOTO – Rest Area menjadi penyebab kemacetan yang terjadi di jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Cipali. Antrean panjang di pintu masuk membuat lalu lintas di sekitarnya menjadi tersendat.

Seperti dilansir Antara, kemacetan sepanjang jalan tol terjadi pada Kamis pagi hingga siang hari. Panjangnya antrean kendaraan yang akan masuk rest area mengular sehingga mengganggu lalu lintas.

Kondisi ini terjadi di titik menjelang rest area KM 57 jalan Tol Jakarta – Cikampek, KM 71, KM 102 dan KM 166 jalan Tol Cipali.

Antrean panjang kendaraan yang akan masuk rest area sendiri dikarenakan kondisinya tempat istirahat sudah penuh. Rest area tersebut sudah tidak mampu lagi menampung kendaraan sehingga petugas menerapkan sistem buka tutup.

Photo : antara

Selain itu, guna merekayasa kemacetan yang terjadi petugas juga melakukan buka tutup dan contraflow. Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan panjang.

PT Jasa Marga sendiri mencatat sebanyak 951.758 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada Periode Jumat-Rabu (22 – 27 April 2022).

Macet Panjang, Jalan Tol Layang MBZ Pakai Sistem Buka Tutup

Pihak Kepolisian memberlakukan sistem buka tutup di jalan tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ). Hal ini dilakukan setelah terjadinya kepadatan kendaraan di KM 32 Cikarang Pusat hingga KM 48 Karawang arah Cikampek.

“Sistem buka tutup masih berlangsung,” kata Ayu, Operator NTMC Polri, Kamis, 28 April 2022.

Ia mengatakan bahwa sistem buka tutup berlaku situasional. Informasi mengenai kemacetan dan sistem buka tutup ini juga bisa dilihat pada akun Twitter Jasa Marga.

Photo : NTMC Polri

Diketahui bahwa kemacetan panjang di jalan tol layang MBZ terjadi pada tadi pagi pukul 07.58 WIB. Para pemudik yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 harap memantau melalui CCTV.

“07.58 WIB #Jalan_Layang_MBZ Cikarang Pusat KM 32 – Karawang KM 48 arah Cikampek PADAT, kepadatan di lajur pertemuan Jalur Bawah. Karawang – Cikarang – Tambun – Cikunir LANCAR,” tulis akun Twitter Jasamarga.

Jalan Tol Layang MBZ sebelumnya dikenal sebagai Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek atau disebut elevated. Panjangnya secara keseluruhan mencapai 36,84 kilometer.

Artikel Terkait