Sandiaga Uno Lepas Touring Srikandi Wonderful Ride, Tempuh 500 Km

Touring Komunitas Srikandi Wonderful Ride secara resmi dilepas Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta

Sandiaga Uno Lepas Touring Srikandi Wonderful Ride, Tempuh 500 Km
Photo: Kemenparekraf

TRENOTO – Berlangsung selama tiga hari, kegiatan touring Komunitas Srikandi Wonderful Ride resmi dilepas Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (24/1/2022). 

Siap mengeksplorasi destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif di Jawa Barat, kegiatan ini berlangsung mulai 25 hingga 27 Januari 2022.

Mengangkat tema destinasi wisata lokal dan melestarikan warisan budaya Jawa Barat, kegiatan touring diharapkan mampu mendorong keinginan wisatawan untuk membangkitkan pariwisata Indonesia.

Selama kegiatan, Srikandi Wonderful Ride akan melakukan perjalanan hingga 500 kilometer. Terdiri dari beberapa komunitas, anggota touring akan berhenti di sentra pembuatan payung Tasik dan berakhir di Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.

Menyambut positif kegiatan ini, Sandiaga Uno mengatakan, kegiatan touring telah disesuaikan dengan tren pariwisata era baru yang personalize, customize, localize and smaller in size.

Photo : Kemenparekraf

"Ini adalah bagian dari daripada upaya dalam kebangkitan ekonomi. Saya mengapresiasi karena banyak destinasi dan sentra ekonomi kreatif yang akan dikunjungi," kata Menparekraf.

Selain itu, Sandi berharap, kunjungan dari komunitas Srikandi Wonderful Ride dapat mengangkat isu-isu keberlanjutan lingkungan. Ia juga menitipkan pesan agar peserta touring dapat menggaungkan perhelatan MotoGP Mandalika yang akan berlangsung pada Maret 2022.

"Saya titipkan pesan untuk gaungkan MotoGP yang akan berlangsung 48 hari lagi agar Indonesia semakin dikenal. Serta saya juga titipkan pesan selama berkegiatan untuk tetap taat pada rambu-rambu, jangan arogan, dan kedepankan safety riding," ujarnya.

Bertindak sebagai road captain, Eddi Brokoli menjelaskan, kegiatan touring akan dimulai di Bandung, tepatnya dari Gedung Sate. Perjalanan akan berlanjut ke Rancabuaya, Tasikmalaya, dan berakhir di Kuningan.

Beberapa destinasi yang akan dikunjungi antara lain, Rancabali, Curug Ceret Naringgul, Sunset di Negla Beach, Perkebunan Miramare, Sentra Ekonomi Kreatif Payung Geulis, Desa Wisata Cibuntu Kuningan, dan Waduk Darma.

Photo : Kemenparekraf

"Persiapan sudah kami lakukan sejak 1 bulan lalu. Rute juga sudah kami survei sebelumnya, jadi Insya Allah semuanya sesuai dengan rencana," kata Eddi Brokoli.

Tak hanya singgah, peserta touring juga akan mengisi kegiatan dengan melakukan pembersihan toilet wisata.

Artikel Terkait