Sejarah Piaggio, Dari Produsen Pesawat Tempur Sampai Skutik

Sejarah Piaggio berawal dari produsen pesawat tempur yang digunakan selama Perang Dunia Kedua kemudian beralih produksi Skutik

Sejarah Piaggio, Dari Produsen Pesawat Tempur Sampai Skutik
Photo: Piaggiogroup

TRENOTO –  Adalah Rinaldo Piaggio sang founder yang memulai bisnisnya dengan mendirikan perusahaan di Genoa, Italia pada 1884. Bisnis perusahaan sendiri memang sudah fokus pada urusan transportasi, mulai dari jadi pemasok furnitur kapal laut mewah hingga spesialis perbaikan gerbong kereta api. 

Sejarah Piaggio menjadi produsen pesawat baru dimulai 30 tahun kemudian saat pecah Perang Dunia I. Saat itu mereka mulai membuat pesawat amfibi pada 1915.

Sementara bisnis pesawat tempur baru dimulai pada 1921. Ketika itu Rinaldo mengakuisisi sebuah pabrik dengan fasilitas seadannya di Pontedera, Tuscany Italia yang dijadikan pusat produksi pesawat tempur. Di pabrik ini juga pastinya memproduksi semua kebutuhan sparepartnya. 

Photo : Piaggiogroup

Pada 1940, Italia yang bersekutu dengan Jerman ikut terlibat dalam Perang Dunia II. Dan tentu membutuhkan pesawat-pesawat tempur untuk membantu Nazi Jerman mengimbangi angkatan udara Inggris saat mencoba menginvasi beberapa wilayah Eropa.

Sejalan dengan ini, Piaggio P108 yang merupakan pesawat pembom mulai dikembangkan. Prototipe pertamanya mulai mengangkasa pada 1939 dan mulai dibuat sebanyak 37 unit yang kemudian terlibat operasi pada 1941. 

Piaggio P108 yang dibekali 4 mesin disebutkan memiliki spesifikasi cukup canggih saat itu. Bisa terbang dengan kecepatan 430 km/jam di ketinggian maksimal 8.500 meter serta memiliki daya jelajah hingga 3.520 km.

Pesawat pembom ini memiliki bodi yang terbuat dari besi. Dan mampu membawa bom seberat 3.5 ton dan dibekali 5 senapan 12.7 mm serta 4 senapan kaliber 7.7 mm. 

Artikel Terkait