Sejarah Skutik di Indonesia, Auto Bikin Kangen

Mengenal sejarah skutik di Indonesia yang ternyata sudah ada sejak tahun 1960-an dan beberapa unitnya masih ada serta sehat

Sejarah Skutik di Indonesia, Auto Bikin Kangen

TRENOTO – Motor matik yang banyak beredar di Indonesia saat ini ternyata memiliki sejarah panjang. Bahkan beberapa diantaranya sudah ada sebelum kita dilahirkan ke dunia.

Kendaraan dengan transmisi otomatis ini terus meraih popularitas seiring perkembangan zaman. Manufaktur mengembangkan motor matik dengan menggunakan bodi skuter dan sekarang kerap disebut skuter matik (skutik).

Sejarah skutik di Indonesia yang akan dibahas kali ini memiliki memori berkesan bagi banyak orang. Mulai dari motor pertama, hingga menjadi saksi hidup perjalanan mewarnai para pengguna skutik sejak zaman dahulu.

Motor matik pertama pernah hadir di Indonesia ternyata adalah Honda Sayur. Tidak diketahui dengan jelas nama asli kuda besi buatan Jepang tersebut, Honda Sayur begitu mereka mengenali kendaraan unik ini

Photo : istimewa

Honda Sayur dikatakan pertama kalinya hadir pada 1962. Motor matik pertama di Indonesia menjadi saksi sejarah pembebasan Irian Barat, pembukaan Asian Games IV di Jakarta dan siaran perdana Televisi Republik Indonesia (TVRI).

Lalu motor matik selanjutnya yang dikenal sebagai skutik pertama di Indonesia adalah Vespa Corsa. Skutik tersebut hadir pertama kalinya pada 1991 dan diboyong oleh PT Dan Motor Vespa Indonesia (DAM).

Photo : 123RF

Vespa identik dengan motor mesin samping kanan dan suspensinya juga hanya pada satu sisi saja. Corsa menjadi populer karena menawarkan kepraktisan dalam penggunaannya sehari-hari.

Skutik selanjutnya yang juga menghiasi pasar otomotif Indonesia adalah Kymco. Motor asal Taiwan menawarkan Jetmmatic Trend 125 pada awal 2000-an.

Untuk mempromosikannya, mereka mengadakan perjalanan touring Jakarta – Bali nonstop selama 100 jam. Perjalanan tersebut berhasil masuk buku rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Pada era 2000-an, popularitas skutik di Tanah Air mulai menggeliat. Beberapa pabrikan Jepang memboyong produk andalannya seperti Yamaha yang menawarkan Majesty dan Glide.

Namun kedua motor tersebut di atas kurang populer sehingga tidak banyak unit yang terlihat di jalan.

Yamaha Nouvo bisa dibilang salah satu pemicu bangkitnya skutik di Indonesia. Nouvo merupakan produk impor dari Thailand dan dibawa masuk pada 2002. Generasi pertamanya dikenal dengan sebutan Lele.

Photo : istimewa

Usai Nouvo, Yamaha Mio hadir dengan menawarkan sesuatu yang berbeda. Skutik berbodi mungil dan memiliki dek lebar sehingga kaki lebih leluasa bergerak.

Mio menjadi skutik paling laris pada masanya sehingga membuat pabrikan berlambang Garpu Tala berbunga-bunga. Larisnya skutik tersebut membuat Honda tertarik untuk memberikan perlawanan.

Pada 2006, PT Astra Honda Motor meluncurkan skutik pertamanya yakni Vario. Kemudian segmen ini semakin gemuk karena dianggap lebih praktis dan efisien.

Tidak hanya Honda dan Yamaha, Suzuki juga ikut bermain pada segmen skutik melalui Spin 125. Sayangnya Suzuki Spin 125 tidak terlalu disukai karena mesin besarnya lebih boros bahan bakar.

Tren penggunaan skutik di Indonesia juga terus meluas, tidak hanya disukai kaum Hawa namun memikat kaum Adam. Hingga kini pasarnya mendominasi di Tanah Air dan mencapai 87.51 persen berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI)


Terkini

motor
Dampak Tarif Impor Amerika ke Industri Motor Listrik Indonesia

Dampak Tarif Impor Amerika ke Industri Motor Listrik Indonesia

Terdapat sejumlah dampak ke industri motor listrik Indonesia setelah Donald Trump mengeluarkan kebijakan baru

motor
Vespa LX 125 Punya Empat Warna Baru, Intip Harganya

Piaggio Siapkan Program Baru buat Permudah Konsumen Vespa

Mempermudah dan menarik minat konsumen servis di bengkel resmi, Piaggio siapkan program buat pengguna Vespa

news
Jalur alternatif Garut

Kepolisian Minta Pemudik Hindari Jalur Alternatif Garut Bandung

Kepolisian minta pemudik hindari jalur alternatif dari Garut ke Bandung karena dinilai cukup berbahaya

motor
Respon Honda Soal Subsidi Motor Listrik yang Tak Kunjung Diberikan

Respon Honda Soal Subsidi Motor Listrik yang Tak Kunjung Cair

Astra Honda Motor masih menantikan kapan realisasi subsidi motor listrik dari Presiden Prabowo di 2025

news
One Way

Sistem One Way Dari GT Kalikangkung Sampai Cikampek Resmi Digelar

Kepolisian resmi gelar sistem one way lokal dari tol Kalikangkung sampai Cikampek untuk antisipasi arus balik

news
Marquez dan Bagnaia Beri Saran ke Jorge Martin, Jangan Buru-Buru

Marquez dan Bagnaia Tahan Jorge Martin Kembali ke Lintasan

Jorge Martin disarankan untuk tidak cepat-cepat turun balapan pasca cedera patah tulang yang dialaminya

otosport
Alex Marquez

Buah Konsistensi Alex Marquez Berbuah Manis di Klasemen

Alex Marquez yang tampil konsisten sejak awal MotoGP 2025, menghasilkan prestasi yang cukup membanggakan

news
Ganjil genap Puncak

Kemacetan di Puncak Bogor Turun Berkat Larangan Angkot Beroperasi

Kemacetan di Puncak Bogor menurun setelah adanya larangan angkot untuk beroperasi selama arus balik Lebaran