Sesuai Spesifikasi, BBM Pertamina Lewati 7 Proses Quality Control

Dinilai tak sesuai spesifikasi usai mengalami kenaikan harga, BBM Pertamina lewati 7 proses quality control

Sesuai Spesifikasi, BBM Pertamina Lewati 7 Proses Quality Control
Photo: Pertamina

TRENOTO – Menanggapi komentar masyarakat terkait spesifikasi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual saat ini, Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) memastikan BBM Pertamina lewati 7 proses quality control.

Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh produk yang dijual sesuai spesifikasi dan memenuhi standar yang telah ditentukan.

Irto Ginting selaku Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga mengatakan bila proses Quality Control dimulai sejak produk BBM masuk ke tanki timbun di Fuel Terminal (TBBM) hingga tepat sebelum disalurkan menuju SPBU.

Photo : Pertamina

“Proses Quality Control sebuah produk BBM sebelum bisa dinyatakan layak didistribusikan menuju SPBU ini dimulai dari saat produk tersebut disuplai dari kilang atau impor, saat penyimpanan, hingga sebelum disalurkan ke SPBU. Dalam tiap-tiap proses produk BBM tersebut harus dinyatakan layak, memenuhi syarat atau standar spesifikasi yang ditentukan Dirjen Migas, jika uji sample tidak layak, tidak akan bisa keluar dari Terminal BBM,” jelas Irto.

Sebelum produk BBM masuk ke tanki timbun Fuel Terminal, perusahan lebih dulu memastikan produk BBM yang disuplai dari kilang ataupun impor memiliki certificate of quality. Setelah dipastikan certificate of quality-nya, produk BBM akan diuji spesifikasinya selama pemompaan ke tanki timbun.

Proses suplai melalui kapal juga dilakukan pengujian. Sebelum dipompa ke tanki timbun, produk BBM dalam kapal akan di uji kelayakannya. 

Artikel Terkait