Setelah Bali, Toyota EV Smart Mobility Project Kini di Danau Toba

Toyota sediakan 10 kendaraan listrik di kawasan wisata Danau Toba untuk mempopulerkan kendaraan elektrifikasi

Setelah Bali, Toyota EV Smart Mobility Project Kini di Danau Toba
Photo: Toyota Astra Motor

TRENOTO – Mendukung kebijakan pemerintah terkait percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi, Toyota secara resmi memperluas jangkauan EV Smart Mobility Project dengan mengadakan kegiatan popularisasi ekosistem kendaraan listrik di kawasan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Melalui keterangan resminya, Susumu Matsuda selaku President Director PT Toyota-Astra Motor menegaskan bila EV Smart Mobility merupakan salah satu realisasi dari konsep elektrifikasi perusahan yaitu Connected, Autonomous, Shared, & Electric (CASE). 

"Ekspansi project ini diharapkan kian memperluas akses masyarakat untuk mendapat pengalaman tentang kendaraan listrik dan ekosistemnya yang akan menjadi pendukung utama mobilitas masa depan," kata Susumu.

Selain berfungsi untuk mempopularisasikan teknologi elektrifikasi milik Toyota, project ini juga ditargetkan memberi dampak positif terhadap upaya pemulihan sektor pariwisata. 

Photo : Toyota Astra Motor

"Rangkaian project ini juga salah satu upaya Toyota dalam menciptakan Mobility Happiness for All melalui Total Mobility Solution, salah satunya kendaraan elektrifikasi,” kata Susumu Matsuda.

Pemilihan lokasi wisata didasarkan The 5 SuperPriority Tourist Destination in Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Karenanya project ini dipusatkan di kawasan pulau Samosir yang merupakan salah satu destinasi populer. 

Dengan luas 630 km2, masyarakat maupun wisatawan bisa memanfaatkan kendaraan elektrifikasi untuk mengelilingi lokasi wisata. Untuk mendukung hal ini terdapat 10 partnership company, yaitu PT Astra International Tbk., PT Aisin Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Denso Indonesia, PT Asuransi MSIG Indonesia, PT Sugity Creatives, PT Toyota Astra Financial Services, Toyota Industries Corporation, PT Toyota Tsusho Indonesia dan TCD Asia Pacific Indonesia.

Toyota juga bekerjasama dengan PT Serasi Auto Raya (SERA), selaku aktivitas operasional selama project ini berlangsung. Terdapat 10 unit Full Battery Electric Vehicle yaitu Toyota C+Pod dan 1 unit Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yaitu Toyota Prius PHEV.

Artikel Terkait