Sistem Buka Tutup Rest Area Saat Mudik Lebaran Akan Diterapkan

Sebagai langkah antisipasi lonjakan pemudik, sitem buka tutup rest area saat mudik Lebaran akan diterapkan Jasa Marga

Sistem Buka Tutup Rest Area Saat Mudik Lebaran Akan Diterapkan
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Sebagai langkah antisipasi lonjakan pemudik di tengah pandemi Covid-19, Jasa Marga akan menerapkan sejumlah kegiatan, salah satunya sistem buka tutup rest area saat mudik Lebaran

Hal ini dilakukan mengingat Tempat Istirahat dan Pelayan (TIP) atau rest area berpotensi menjadi tempat berkumpul saat arus mudik dan balik tahun ini.

"Kami akan memberlakukan buka tutup, jika terjadi kepadatan di suatu rest area maka kami akan tutup. Kami mohon pengertian pengguna jalan tol untuk mematuhi arahan petugas," ujar Dwimawan Heru selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga di Jakarta. 

Tak hanya itu, Heru mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan dengan mobil pribadi dan menggunakan jalan tol agar membatasi penggunaan rest area.

"Nanti, untuk supaya kita bersama-sama bisa menggunakan fasilitas rest area ini di tengah tingkat volume lalu lintas tol yang cukup tinggi, kami berharap pengguna jalan tol bisa membatasi penggunaan rest area," katanya.

Heru juga memberikan saran untuk melakukan  pembelian atau pemesanan makanan di rest area dengan menggunakan sistem take away atau tidak makan di tempat. 

Selain itu Jasa Marga juga mengimbau pemudik yang menggunakan jalan tol diwajibkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan selama menggunakan rest area, mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Photo : Jasa Marga

Terkait kesiapan rest area saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, Jasa Marga akan menyiagakan dan menambah petugas-petugas baik itu petugas keamanan maupun kebersihan serta juga meningkatkan beberapa pelayanan di rest area, seperti toilet dan lokasi yang berpontesi terjadi kepadatan. 

Khusus rest area tipe B, Jasa Marga juga akan melakukan penambahan BBM modular sehingga pemudik lebih nyaman ketika melakukan perjalanan.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta kepada para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menyediakan fasilitas toilet sementara atau temporary toilet sebanyak mungkin di Tempat Istirahat dan Pelayanan atau rest area.

Menurut Menteri PUPR, masyarakat pada Lebaran tahun ini akan antusias melakukan mudik, mengingat sudah dua tahun mereka tidak mudik akibat pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Kementerian PUPR memberikan perhatian untuk peningkatan pelayanan pengguna jalan tol di rest area dengan meningkatkan berbagai fasilitas pelayanan, di antaranya UMKM, toilet bersih, penyediaan prasarana dan sarana bagi disabilitas, fasilitas ibadah, penataan taman.

Artikel Terkait