Solusi Macet Puncak, Sandiaga Uno Usul Bangun Kereta Gantung

Sandiaga Uno memberikan usulan membangun kereta gantung untuk menjadi solusi macet puncak seperti yang terjadi akhir pekan lalu

Solusi Macet Puncak, Sandiaga Uno Usul Bangun Kereta Gantung
Photo: Antara

TRENOTO – Kemacetan parah jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat terjadi lagi pada libur panjang 27 – 28 Februari 2022. Bahkan kali ini kemacetan panjang terjadi sehingga membuat pengguna jalan harus menunggu hingga 17 jam.

Kemacetan di jalur Puncak, Bogor terjadi berulang-ulang setiap kali masuk waktu libur panjang. Menanggapi hal ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan usul solusi macet Puncak.

Ia menawarkan pembuatan kereta gantung (Cable Car) sebagai salah satu opsi transportasi menuju Puncak. Hal ini diharapkan bisa menyelesaikan masalah kemacetan yang kerap dialami kawasan wisata tersebut.

“Selain ramah lingkungan, cable car juga memiliki sensasi yang berbeda karena di destinasi-destinasi pegunungan di luar negeri juga ada cable car, malah dengan trem yang besar,” katanya seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa wisatawan yang hendak ke Puncak untuk mempersiapkan kendaraannya. Hal ini guna mencegah mogok di jalan yang bisa membuat kemacetan lebih parah lagi.

Ia juga menyoroti kebiasaan pengguna jalan yang tidak tertib aturan. Kebiasaan tersebut diyakini menjadi salah satu penyebab kemacetan panjang.

“jangan main serobot, jangan akhirnya tidak sabar dan memperparah kemacetan ini,” ucapnya.

Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat merupakan kawasan wisata paling favorit masyarakat di Jakarta dan sekitarnya. Insiden kemacetan panjang yang terjadi akhir pekan lalu dianggap mencoreng pariwisata Indonesia.

Dalam hal ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian untuk merekayasa lalu lintas. Harapannya ke depan aturan dari pihak kepolisian dipatuhi seluruh pengguna jalan.

Selain itu, Ia juga berharap masyarakat mencari tempat wisata alternatif selain puncak.

“Untuk wisatawan yang terbiasa ke Puncak setiap long weekend, mudah-mudahan bisa mencari alternatif lokasi liburan lain,” ungkapnya kemudian.

Destinasi wisata yang ditawarkan antara lain adalah desa wisata di sekitar Jabodetabek, Kebun Raya Bogor di Jawa Barat, Pulau Seribu di Jakarta, serta Tanjung Lesung dan Kampung Agrinex di Banten.

Polres Bogor dikabarkan sebelumnya menambah jumlah personel untuk mengatasi kemacetan di Puncak. Pihaknya meminta bantuan dari Polda Jawa Barat apabila terjadi kemacetan parah seperti akhir pekan lalu.

Artikel Terkait