Street Race Kelima Polda Metro Jaya Bakal Digelar Awal 2023

Polda Metro Jaya berencana akan menggelar ajang street race kelima pada awal 2023 guna memfasilitasi para pencinta balap

Street Race Kelima Polda Metro Jaya Bakal Digelar Awal 2023
Photo: NTMC
  • Oleh Satrio Adhy

  • Minggu, 04 Desember 2022 | 07:02 WIB

TRENOTO – Polda Metro Jaya dikabarkan akan kembali menggelar ajang street race pada awal 2023. Hal itu guna memberi fasilitas kepada para penggemar balap dalam menyalurkan hobinya.

Kabar diadakannya street race kelima disampaikan langsung oleh Irjen Pol Fadil Imran, Kapolda Metro Jaya. Dia mengatakan jika ajang balap yang dibuatnya bisa memberi banyak dampak positif.

Photo : NTMC

“Dengan gelaran street race ini sangat mengurangi sekali adanya balap liar. Hal itu dibuktikan, jarang sekali masyarakat melapor. Bahkan, data-datanya juga ada mulai menurun tidak seperti sebelum ada ajang ini,” kata Fadil seperti dikutip dari NTMC.

Dia mengungkapkan kalau pihaknya akan terus memfasilitasi para pelaku balap liar di wilayah hukumnya. Namun Fadil memberi syarat, yakni para pembalap tetap bersikap kooperatif dengan tidak lagi balap liar.

“Semoga mereka bisa menyiarkan kepada komunitas dan koleganya agar stop trek-trekan dan blokir jalan umum. Kalau teman-teman bersatu dan kooperatif pasti kita akan fasilitasi,” lanjutnya.

Baca Juga: Polisi Yakin Ajang Street Race Bisa Tekan Angka Kecelakaan

Fadil juga memiliki impian untuk menyelenggarakan street race setiap hari. Guna merealisasikan niatnya tersebut dia akan berkolaborasi bersama pihak lainnya.

“Mimpi kami Polda Metro Jaya dapat berkolaborasi menemukan lokasi yang menjadi fasilitas yang bisa digunakan setiap hari. Ini tantangan kita saat ini, menemukan lokasi yang bisa memfasilitasi teman-teman untuk melaksanakan drag race setiap hari. Pelan pelan, alon-alon asal kelakon,” pungkasnya.

Di sisi lain Kombes Pol Latif Usman selaku Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya berniat membuat ajang ini dua bulan sekali. instruksi dari Kapolda Metro Jaya untuk terus memperbarui konsep street race. Arahannya agar ajang ini menjadi wadah bagi seluruh komunitas balap untuk menyalurkan hobi.

Photo : NTMC Polri

“Kan perintah Kapolda lagi mencari konsep. Konsepnya bagaimana sih biar betul-betul seluruh akar rumput para pecinta balap liar yang belum terangkul di sini agar masuk ke kegiatan ini. Biar tidak terjadi keributan, kecelakaan, tanpa adanya pengawasan kami. Sehingga diharapkan inilah sarana di Jakarta sudah ada,” tutur Latif.

Sebagai informasi ajang Street Race pertama kali digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Januari 2022 yang disambut antusias. Sehingga ajang tersebut digelar kembali di Meikarta (Bekasi), BSD (Tangerang Selatan), dan Kemayoran (Jakarta Pusat).

Artikel Terkait