Tarif Tol Soreang – Pasir Koja Naik Hari Ini

Tarif Tol Soreang - Pasir Koja disesuaikan dengan dengan alasan untuk memenuhi standar pelayanan minimum

Tarif Tol Soreang – Pasir Koja Naik Hari Ini
Photo: BPJT

TRENOTO – Hari ini, Minggu 10 Juli 2022 mulai pukul 00.00 tarif tol Soreang - Pasir Koja resmi disesuaikan. Kebijakan tersebut ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 570/KPTS/M/2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Soreang - Pasir Koja.

Penyesuaian tersebut juga diklaim telah sesuai dengan UU Jalan No. 2 tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Pada Pasal 48 ayat 3 disebutkan evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi serta evaluasi terhadap pemenuhan SPM Jalan Tol.

Penyesuaian tarif diklaim dilakukan guna memastikan kualitas pelayanan serta pengelolaan tetap terjaga. Selain itu, keselamatan dan keamanan pada pengguna jalan tol juga lebih terjamin di masa depan sehingga risiko berkendara dapat ditekan.

Photo : Jasa Marga

Jalan Tol Soreang - Pasir Koja (Soroja) resmi beroperasi sejak akhir 2017. Jalan ini pun disebut telah memiliki peran penting dalam hal peningkatan ekonomi di wilayah Kabupaten Bandung.

Jalan Tol ini terdiri dari 2 seksi, yaitu Seksi 1 Pasir Koja - Margaasih (2.75 Km) dan seksi 2 Segmen Margaasih - Katapang (3.3 Km) serta Segmen Katapang – Soreang (2.1 Km).

Kehadiran jalan tol Soroja bertujuan untuk meningkatkan potensi di wilayah Bandung Selatan yang cukup mengandalkan wisata. Dengan mudahnya akses ke lokasi maka diharapkan wisatawan tidak merasa khawatir khususnya saat melakukan perjalanan.

Photo : TrenOto

Tujuan kawasan wisata yang dapat dikunjungi dengan menggunakan Jalan Tol Soreang - Pasir Koja yakni Bumi Perkemahan Ranca Upas, Kawah Putih, Pemandian Air Panas Ciwalini, Situ Patenggang, Perkebunan Teh Malabar, Kebun Teh Rancabali, Bukit Jamur Rancabolang dan Situ Cileunca.

Adanya peningkatan tarif maka diharapkan kepada seluruh pengguna jalan tol kembali menyesuaikan saldo uang elektroniknya. Hal ini untuk memastikan pembayaran dapat dilakukan tanpa kendala.

Daftar Tarif Tol Soreang – Pasir Koja

Gol I: Rp8 ribu

Gol II: Rp12 ribu

Gol III: Rp12 ribu

Gol IV: Rp15.5 ribu

Gol V: Rp15.5 ribu

Artikel Terkait