Tekanan Angin Ideal pada Ban Mobil dan Motor Saat Berkendara

Menjadi komponen penting pada kendaraan, tekanan angin ideal pada ban mobil dan motor perlu diperhatikan

Tekanan Angin Ideal pada Ban Mobil dan Motor Saat Berkendara
Photo: Wuling

TRENOTO – Mampu memberi kenyamanan ketika berkendara, tekanan angin ideal pada ban mobil dan motor perlu diperhatikan. Menjadi satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, tekanan angin juga berpengaruh pada sektor keamanan. 

Harus dicek secara rutin, tekanan angin pada ban sangat dipengaruhi oleh temperatur udara lingkungan sekitar. Karenanya pastikan tekanan angin ban sudah disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tak kurang atau berlebih. 

Tekanan Angin Ideal pada Mobil

Memiliki segmen dan ukuran bodi berbeda, tekanan angin ideal pada mobil harus disesuaikan dengan model kendaran yang digunakan. Untuk lebih jelas berikut ulasannya.

Photo : Auto 2000

  • Mobil MPV : 33 hingga 36 Psi 
  • Mobil City Car : 30 hingga 36 Psi 
  • Mobil Sedan : 30 hingga 33 Psi 
  • Mobil SUV : 35 hingga 40 Psi

Meski terdapat rekomendasi dari pabrikan, ukuran tekanan angin pada ban di atas hanya merupakan rata-rata. Perlu diingat bila setiap tipe mobil mempunyai ukuran ban dan pelek berbeda, sehingga pemilik kendaraan lebih baik mengecek informasi pada pilar mobil. 

Apabila mengalami kendala, pemilik kendaraan juga bisa memberitahu mekanik di bengkel resmi ketika melakukan servis rutin. Tanya dengan jelas berapa tekanan angin yang pas untuk model yang digunakan. 

Tekanan Angin Ideal pada Motor

Berbeda dengan mobil, tekanan angin pada ban motor dihitung berdasarkan model dan tingkat beban yang dibawa. Apabila kendaraan digunakan untuk berboncengan, maka tekanan harus lebih besar dibandingkan berkendara sendiri. 

Terdapat ban depan dan belakang, pengendara harus paham bila masing-masing komponen memiliki ukuran dan tekanan angin berbeda.