Tesla Masuk Indonesia dan Bangun Pabrik di Batang, Jateng

Siap mengembangkan ekosistem baterai dan kendaraan ramah lingkungan, Tesla masuk Indonesia tahun ini

Tesla Masuk Indonesia dan Bangun Pabrik di Batang, Jateng
Photo: 123RF

TRENOTO – Setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Elon Musk terjadi di Amerika Serikat, Bahlil Lahadalia selaku Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut, Tesla masuk Indonesia tahun ini. 

Dalam penjelasannya, Bahlil menegaskan bila Tesla memiliki minat untuk melakukan investasi terkait ekosistem baterai dan mobil listrik.

"Tesla Insya Allah akan masuk ke Indonesia. Dia (Tesla) akan masuk pada dua bagian investasi besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil. Yang kedua adalah mobilnya," kata Bahlil.

Tak butuh waktu lama, Bahlil juga menyebut Tesla akan masuk pada 2022. Meski demikian, Ia masih enggan membocorkan berapa nilai investasi yang akan di gelontorkan salah satu orang terkaya di dunia tersebut.

Photo : 123RF

"Kalau ditanya kapan masuknya, Insya Allah 2022 ini tapi saya belum bisa mengumumkan bulannya. Nanti tunggu lah, karena kita belum tanda tangan kesepakatan. Berapa investasinya masih juga dirahasiakan masih tunggu, tapi ini barang bagus, barang gede," ujarnya.

Bahlil juga mengungkapkan bila sebagian investasi Tesla akan dilakukan di Batang, Jawa Tengah.

Saat pertemuan terjadi, Presiden Jokowi memiliki permintaan agar Tesla dan Foxconn bisa melakukan investasi di Indonesia, sehingga Ia pun mendapat tugas untuk merayu Foxconn. Sementara itu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta merayu Tesla.

"Rayuan kita, gombalan kita waktu itu Foxconn lolos, masuk. Yang Tesla masih tarik ulur. Alhamdulillah berkat tangan dingin dan intuisi Bapak Presiden, kemarin Tesla Insya Allah akan masuk ke Indonesia," katanya.

Photo : BPMI Setpres

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Elon Musk

Setelah berdiskusi dan melakukan peninjauan, Presiden Jokowi mengatakan bila kunjungan ini merupakan tindak lanjut perintah setelah pertemuan terjadi antara Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dengan Elon Musk.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan yang sama Elon Musk menegaskan bila pihaknya sangat tertarik dengan masa depan Indonesia karena memiliki energi positif.

“Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia,” ujar Elon.

Artikel Terkait