Tilang Manual Masih Berlaku untuk Balap Liar di JLNT Casablanca

Tilang manual masih berlaku untuk menjerat para pelaku balap liar di JLNT Casablanca karena dinilai membahayakan

Tilang Manual Masih Berlaku untuk Balap Liar di JLNT Casablanca
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Tilang manual sudah tidak boleh lagi dilakukan oleh petugas di lapangan. Bahkan surat yang biasa dibawa polisi lalu lintas telah ditarik sebagai bukti keseriusan mereka.

Kebijakan ini membuat seluruh penindakan dilakukan secara online melalui kamera ETLE statis di beberapa titik. Kepolisan juga melengkapi personelnya dengan ETLE Mobile guna menjaring para pelanggar di lokasi berbeda.

Langkah ini merupakan merupakan keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk mengembalikan kepercayaan publik kepada institusinya. Terlebih selama ini tilang elektronik telah berhasil membuat masyarakat menjadi lebih disiplin berlalu lintas.

Photo : Humas Polri

Namun dalam beberapa situasi, tilang manual masih boleh dilakukan bila pelanggaran dinilai berpotensi menyebabkan kecelakaan. Salah satu contohnya adalah kegiatan balap liar di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan.

Menurut AKBP Jhoni Eka Putra, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum (Kasubdit Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya tilang manual masih berlaku untuk para pelaku tersebut di atas.

Baca juga : Street Race Polda Metro jaya Berhasil, Balap Liar Menurun

“Sudah balap liar namanya, jadi bisa dilakukan secara manual. Sekarang memang kalau tilang harus pakai elektronik tapi kalau seperti itu lain kondisinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia melihat ada dua jenis kesalahan rombongan pemotor tersebut. Pertama adalah aksi balap liar kemudian pelanggaran rambu karena melintas di lokasi yang tidak diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda dua.

“Jadi itu tidak boleh karena peruntukannya adalah bagi kendaraan roda empat bukan sepeda motor. Akan sangat berbahaya bila pengemudi hilang kendali karena bisa jatuh dari jembatan,” pungkasnya.

Penegasan tersebut merupakan tanggapan atas viralnya video yang memperlihatkan adanya balap liar di JLNT Casablanca berubah menjadi trek balap liar. Rekaman itu kemudian diunggah oleh akun instagram @dashcam_owner_Indonesia beberapa waktu lalu.

Photo : NTMC

Dalam postingannya terlihat bahwa sejumlah pengendara sepeda motor sedang bersiap memulai balapan. Aksi tersebut bahkan dilakukan di kedua jalur sehingga membuat jalan tertutup dan mengganggu arus lalu lintas.

Masih maraknya kegiatan balap liar tentunya sangat disayangkan karena pihak Kepolisian telah menggelar ajang Street Race untuk menyalurkan hobi biker.

Artikel Terkait