Tips Lolos Ujian Praktik SIM C Tanpa Calo, Mudah dan Murah

Harus dilalui ketika melakukan pengurusan di Samsat, berikut tips lolos ujian praktik SIM C tanpa calo

Tips Lolos Ujian Praktik SIM C Tanpa Calo, Mudah dan Murah
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), pemohon perlu melewati ujian praktik. Tak jarang mereka gagal karena tak mengetahui secara detail cara berkendara ketika melewati ujian. 

Agar lebih mudah, berikut tips lolos ujian praktik SIM C seperti dilansir Wahana Honda.

  1. Memiliki Keyakinan 

Hal pertama yang perlu dipersiapkan ialah keyakinan lolos ketika melewati ujian. Apabila pemohon ragu untuk melalui tes ini, peluang untuk berhasil turun menjadi 20 persen. 

Karenanya, siapkan keyakinan terlebih dulu sebelum melewati tes, sehingga ujian praktik yang akan dilalui bisa berjalan lebih lancar.

  1. Ketahui Jenis Rintangan dan Teknik Dasar 

Terdapat berbagai rintangan ketika melakukan ujian praktek SIM C. Diantaranya jalur zig –zag, jalur angka 8, tes reaksi menghindar dan letter U. 

Setiap rintangan memiliki trik untuk bisa dilalui dengan baik. Karenanya pengendara  harus membiasakan diri dengan motor yang akan digunakan. 

Minta waktu kepada petugas untuk membiasakan diri dengan motor tersebut. Di beberapa tempat, menggunakan motor sendiri saat ujian SIM juga diperbolehkan. 

Photo : NTMC Polri

  • Zig – zag 

Cara mengendarai motor di jalur zig – zag terbilang mudah, pasalnya pengendara hanya dituntut untuk luwes dalam melakukan manuver. Bahu dan badan yang luwes akan membantu melewati rintangan ini. 

Bukaan gas yang tidak terlalu besar juga perlu diperhatikan agar motor tetap seimbang. Jika menggunakan motor bebek, gunakan gigi 2 untuk berjalan. 

Jangan naikkan gigi ataupun diturunkan. Hal ini bertujuan untuk membantu menjaga kestabilan motor agar bisa melewati rintangan.

Jika menggunakan motor matik, perhatikan buka gas perlahan dan jaga gasnya supaya stabil. Jangan terlalu kencang agar motor bisa seimbang. 

Cara mengendarai motor matik di ujian SIM akan lebih mudah dengan pengaturan gas yang tepat.

  • Angka 8 

Rute angka 8 selalu jadi momok saat melakukan ujian SIM. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini. 

karena itu pemohon perlu mengetahui triknya. Jika sudah tau bagaimana trik untuk melakukannya, ujian ini akan terlewati dengan sangat mudah.

Artikel Terkait