Tips Lulus Praktik SIM dengan Mudah

Melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor harus dilengkapi dengan surat-surat, berikut tips lulus praktik SIM

Tips Lulus Praktik SIM dengan Mudah
Photo: 123RF
  • Oleh Adi Hidayat

  • Selasa, 30 November 2021 | 21:11 WIB

TRENOTO – Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) di Indonesia, masyarakat harus melakukan pengajuan di kantor kepolisian. Namun di era digital seperti sekarang ini, bisa juga mengajukan SIM dengan cara online.

Sebelum menyambangi Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi) SIM, ada baiknya melengkapi persyaratan yang diperlukan. Apabila telah terpenuhi, barulah bisa melanjutkan proses yang telah ditentukan.

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan pembuatan SIM baru adalah melakukan registrasi dan pembayaran administrasi. Lalu pemohon akan dihadapkan pada dua jenis ujian yakni teori maupun praktik.

Jika sudah dinyatakan lulus ujian pertama, kemudian berlanjut pada ujian praktik. Pada tahapan ini, terdapat beberapa tips lulus praktik SIM dengan mudah.

Selain para pemohon harus membuktikan kemampuannya mengemudikan kendaraan sesuai pengajuan.

Untuk SIM C alat ujinya adalah sepeda motor dan A mobil. Pihak kepolisian sudah menyiapkan beberapa unit kendaraan dan materi yang harus dilalui.

Seluruh materi ujian sudah sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012. Adapun materinya cukup beragam dan memiliki kesulitan tersendiri, namun bukan berarti tidak bisa dipelajari.

Artikel Terkait