Tips Membeli Mobil Bekas dan Langkah-langkahnya

Tips membeli mobil bekas agar mendapatkan beragam kemudahan seperti banyaknya pilihan hingga promo menarik

Tips Membeli Mobil Bekas dan Langkah-langkahnya
Photo: Trenoto

TRENOTO – Keputusan untuk kapan membeli sebuah kendaraan untuk masing-masing individu pastinya akan berbeda-beda. Pasalnya, kebutuhan dan tujuan pembelian kendaraan tentunya tidaklah sama bagi satu dengan yang lain.

Meski demikian, tetap ada waktu-waktu tertentu yang dinilai ideal untuk membeli kendaraan khususnya mobil bekas. Dilansir dari Mobil88, tips membeli mobil bekas adalah saat akhir tahun.

Pasalnya di momen tersebut, sejumlah diler mobil bekas akan memberi kemudahan kepada pelanggan melalui beragam promo-promo menarik. Selain itu, jenis kendaraan di momen ini juga biasanya lebih banyak dibandingkan periode lain.

Faktor Akhir Tahun Jadi Waktu Tepat Membeli Mobil Bekas

Banyak Pilihan

Photo : Trenoto

Banyaknya jenis mobil di pasar mobil bekas pada periode tersebut adalah karena pabrikan mobil biasanya mempersiapkan kehadiran model baru di awal tahun. Kondisi tersebut banyak pemilik kendaraan yang menjual mobilnya untuk diganti dengan model baru.

Promo dan Diskon Menarik

Banyaknya unit yang dijual menyebabkan banyak diler memberikan promo menarik kepada pelanggan dalam beragam bentuk. Tentunya ini akan memberikan daya tarik tersendiri pada calon pelanggan mobil bekas.

Proses Cepat

Bagi yang ingin berlibur dengan menggunakan mobil berbeda dibanding sebelumnya, membeli mobil bekas tentu menjadi sebuah pilihan menarik. Maklum, proses pembelian mobil bekas terbilang jauh lebih cepat ketimbang mobil baru karena tidak perlu inden.

Perhatikan Ini Sebelum Beli Mobil Bekas

Berbeda dengan membeli mobil baru, sebelum melakukan transaksi pelanggan harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kendaraan yang diinginkan. Hal ini untuk menghindari salah beli dan merugi di kemudian hari.

Pemeriksaan pun harus dilakukan secara teliti karena tidak sedikit kendaraan yang sudah didandani sedemkian rupa untuk menutupi kekurangannya. Berikut adalah beberapa bagian yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas.

Budget

Photo : Trenoto

Selalu pastikan untuk membeli mobil sesuai dengan budget yang telah ditentukan sebelumnya. Tentukan pula fitur-fitur yang dianggap penting dan wajib ada di kendaraan sehingga pilihan mobil akan semakin mengerucut.

Kelengkapan Dokumen

Pastikan untuk selalu membeli mobil bekas dengan dokumen yang lengkap dan bukan dalam sengketa. Membeli mobil dengan dokumen bermasalah berisiko merepotkan pemilik baru yang seharusnya bisa dihindari.

Pastikan Kondisi Fisik Kendaraan

Melakukan inspeksi kendaraan adalah sebuah hal yang wajib untuk dilakukan calom pemilik baru. Selalu hindari membeli kendaraan bekas tabrak atau banjir karena bukan tidak mungkin ada kerusakan-kerusakan yang bisa terjadi di masa depan.

Bila tidak yakin dengan kemampuan melakukan inspeksi, tidak ada salahnya untuk mengajak rekan yang memiliki kemampuan memberikan penilaian. Selain itu, membawanya ke bengkel resmi juga bisa menjadi sebuah solusi tepat untuk memastikan kondisi kendaraan.

Artikel Terkait