Tips Membuat Sepeda Motor Bebas Gangguan Mesin

Mengenal fungsi oli mesin sepeda motor agar bebas dari gangguan di jalanan

Tips Membuat Sepeda Motor Bebas Gangguan Mesin
Photo: Suzuki

TRENOTO – Mesin sepeda motor yang digunakan setiap hari memerlukan perhatian dan perawatan secara berkala. Ini dilakukan untuk mendapatkan performa yang optimal dan bebas gangguan mesin.

Guna mendapatkan performa mesin yang optimal, langkah paling dasar yang harus dilakukan adalah penggantian oli atau pelumas. Melakukan penggantian oli secara teratur sesuai rekomendasi pabrikan, mampu membantu mesin berkerja dengan baik.

Dikutip dari Suzuki Indonesia, pelumas mesin motor memiliki beberapa fungsi penting. Adapun fungsinya dijabarkan seperti di bawah ini.

  • Melumasi

Pelumas berguna untuk melumasi mesin, meminimalisir gesekan dan membuat kinerja lebih ringan. Semakin baik kualitas oli, berimbas pada performa mesin yang optimal.

Ketika mesin berjalan secara optimal, kendaraan akan semakin nyaman digunakan sehari-hari. Perjalanan juga bebas akan gangguan kemudian meminimalisir keluarnya budget tambahan.

  • Melapisi

Sejatinya di dalam mesin terdapat beberapa komponen yang saling bergesekan. Hadirnya oli akan meminimalisir gesekan sehingga kinerjanya semakin optimal.

Oli akan membentuk lapisan di setiap komponen mesin yang bergerak. Sehingga saat mesin bekerja, komponen di dalamnya akan dicegah untuk merenggang.

  • Mendinginkan

Hadirnya pelumas juga berfungsi untuk mendinginkan suhu dalam jantung pacu kendaraan, dalam hal ini motor. Gesekan yang diminimalisir membuat suhu ruang bakar tetap stabil.

Photo : Suzuki

  • Membersihkan

Formulasi yang dikembangkan masing-masing merek, diklaim bisa membersihkan ruang bakar. Kotorannya sendiri berasal dari gesekan yang terjadi di dalam mesin.

Pada motor yang menggunakan filter oli, gram yang dihasilkan akibat gesekan kemudian terangkut dan tertampung di komponen tersebut.

  • Menghaluskan

Selaras dengan fungsi di atas, dari hasil minimnya gesekan lalu tercipta suara mesin yang halus. Namun tetap harus diperhatikan bahwa dalam memilih oli, viskositasnya mengacu pada standar yang dibutuhkan mesin.

  • Mencegah Korosi

Pelumas yang terbuat dari bahan dasar minyak, mampu mencegah terjadinya proses oksidasi. Komponen ruang bakar yang terbuat dari logam memiliki potensi untuk terjadinya korosi.

Oli yang baik akan mamppu melindungi mesin dari terjadinya korosi. Kemampuan mencegah korosi tersebut membuat pelumas berubah warna menjadi hitam.

“Penggunaan oli mesin yang tepat dan sesuai kebutuhan kendaraan dapat menunjang cara kerja mesin bekerja optimal. Untuk itu, para pengguna sepeda motor diharapkan selalu merawat mesin secara berkala,” ucap Hariadi, Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Artikel Terkait