Tips Menghindari Serangan Jantung saat Berkendara

langkah-langkah menghindari serangan jantung pada pengendara mobil khususnya di kota-kota besar

Tips Menghindari Serangan Jantung saat Berkendara
Photo: Auto2000

TRENOTO – Serangan jantung dapat menimpa seseorang dimana saja tidak terkecuali pengemudi kendaraan bermotor khususnya mobil.

Serangan jantung pada pengendara mobil tentunya sangat berbahaya, apalagi dalam kecepatan tinggi. Tidak hanya serangannya yang berbahaya dan mengancam jiwa, ketika dalam kendaraan juga memiliki risiko serupa.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah pengendara mobil terkena serangan jantung.

  • Menjaga Emosi

Meskipun terdengar sederhana, menjaga emosi saat berkendara merupakan langkah yang konkrit. Kondisi jalan yang kerap tidak terduga baik macet atau menghadapi pengemudi ugal-ugalan, bisa meningkatkan emosi.

Berkendara secara defensif akan membuat emosi lebih terkontrol. Menjaga emosi merupakan salah satu tips untuk mencegah serang jantung saat berkendara.

  • Istirahat yang Cukup

Mengemudi sejatinya merupakan pekerjaan utama, maka dari itu tidak bisa dilakukan berbarengan dengan kegiatan lain seperti membaca pesan lewat handphone. Berkendara memerlukan konsentrasi penuh dan ini cukup meletihkan jika dilakukan dalam waktu lama.

Oleh karena itu, sangat penting jika Anda berkendara dalam kondisi badan yang fit. Hal ini guna mengurangi beban yang harus diemban tubuh.

  • Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Serangan jantung juga bisa terjadi tatkala tubuh terlalu banyak mendapat asupan yang tidak sehat dan bergizi. Pola makan yang tidak baik akan menyumbat aliran darah ke otak dan berujung pada serangan jantung.

Meskipun dianggap bisa menyegarkan, minuman bersoda dan kafein ternyata harus dihindari saat berkendara. Durasi berkendara juga perlu diperhatikan agar tidak terlalu lama.

Menurut berbagai institusi keselamatan berkendara, seorang pengemudi baiknya melakukan istirahat setiap dua jam sekali. Lakukan olahraga kecil saat beristirahat untuk kembali mendapatkan tubuh yang fit.

Poin pentingnya adalah tidak memaksakan kondisi tubuh yang kurang fit. Karena jika mengalami insiden, sangat mungkin Anda melibatkan orang lain yang tidak bersalah di jalanan.

Serangan jantung sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari usia, genetik hingga manajemen stres. Dengan mengatur beberapa pola hidup sehat dan mengatur cara berkendara yang defensif, setidaknya Anda bisa terhindar dari serangan jantung.

 

Artikel Terkait