Tips Mudik Naik Motor, Perhatikan Barang Bawaan

Pemudik perlu memperhatikan tips mudik naik motor ketika pulang ke kampung halaman agar nyaman dan aman

Tips Mudik Naik Motor, Perhatikan Barang Bawaan
Photo: Suzuki Indonesia

TRENOTO – Setelah dua tahun terdapat larangan mudik, pemerintah secara resmi memperbolehkan masyarakat pulang ke kampung halaman pada Lebaran 2022. 

Bagi pemudik yang hendak menggunakan kendaraan roda dua terdapat tips mudik naik motor yang perlu diperhatikan seperti dilansir Suzuki Indonesia, Selasa (12/4/2022). Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya: 

Jangan Membawa Muatan Berlebih

Selain membawa pakaian, pemudik juga kerap kali membawa buah tangan bagi keluarga di kampung halaman. Menyiasati hal ini, pemudik biasanya menambah bagasi yang dibuat dengan sebilah kayu di bagian belakang motor.

Namun, penggunaan kayu tambahan untuk membawa barang sangat tidak disarankan karena bisa mengganggu keseimbangan pengendara motor.

Kondisi Motor Harus Prima

Mudik dengan sepeda motor memerlukan perjalanan panjang dan kondisi jalan tak menentu. Karena itu, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima.  

Cek sistem pengereman, lampu, dan kelengkapan spion, sebelum melakukan perjalanan panjang. Agar lebih pasti, ceklah kondisi kendaraan di bengkel resmi terlebih dulu.

Photo : Astra Honda Motor

Bawa Bekal Makanan dan Minuman 

Karena perjalanan yang cukup panjang, pemudik perlu membawa beberapa makanan dan minuman. Usahakan cemilan yang dibawa praktis dan bersifat menambah energi.

Pilihlah makanan yang padat gizi dan membuat kenyang lebih lama. Saat perut terasa lapar namun tak menemukan tempat peristirahatan, pemudik bisa menepi dan mencari lokasi aman untuk membuka cemilan atau sekedar minum.

Istirahat Cukup

Perjalanan panjang yang menguras energi membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Idealnya, pemudik motor harus beristirahat setiap 3 hingga 4 jam. 

Saat istirahat, usahakan untuk bisa tertidur pulas agar tubuh bisa mengisi energi dengan maksimal. Ketika beristirahat jangan lupa perhatikan barang berharga atau simpan di tempat aman.

Sebaiknya Tidak Membawa Anak Kecil

Anak kecil, terlebih jika masih di bawah tiga tahun sebaiknya tidak diajak mudik dengan sepeda motor. Selain membuatnya tidak nyaman karena posisi yang terus duduk, anak kecil juga lebih mudah terkena gangguan kesehatan seperti kelelahan, masuk angin dan gangguan pernafasan.

Artikel Terkait