Tips Penggunaan dan Perawatan Smart Key Honda

Cara merawat dan menggunakan dengan benar Smart Key System beserta fitur di dalamnya pada sepeda motor Honda

Tips Penggunaan dan Perawatan Smart Key Honda
Photo: AHM

TRENOTO – Smart Key System merupakan fitur terkini yang disematkan pada sepeda motor. Fitur ini memudahkan pengguna kendaraan sekaligus memberikan kenyamanan dalam hal keamanan.

Pada Honda, teknologi ini bisa ditemukan pada PCX160, Scoopy, Vario150, ADV150, Forza hingga motor terbesar mereka yakni Goldwing. Berbekal teknologi tersebut, konsumen tidak perlu lagi anak kunci analog untuk mengoperasikan motor.

Lalu Smart Key System menjaga kendaraan dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab (maling) melalui fitur anti theft alarm. Di dalamnya juga terdapat fitur memudahkan konsumen dalam mencari unit diparkiran yang penuh dan padat melalui answer back system.

“Penyematan fitur-fitur dalam Honda Smart Key System akan meningkatkan rasa aman dan nyaman pada pengguna motor. Tentunya pengendara perlu mengetahui cara penggunaan dan perawatannya,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM).

Dikutip dari siaran pers AHM, berikut ini beberapa tips penggunaan dan perawatan Honda Smart Key System.

  • Hindari tekanan berlebih

Tekanan berlebih seperti menekan dengan terlalu keras ternyata bisa menimbulkan kerusakan. Diharapkan tombol remote digunakan sewajarnya saat mengaktifkan dan hindari jatuh dari ketinggian.

  • Usahakan Tetap Kering

Air yang masuk dari sela remote dapat berpotensi menimbulkan kerusakan pada Honda Smart Key. Jika memang sudah terlanjur kena air, gunakan setelah kering namun hindari dari sinar matahari langsung.

  • Perhatikan Tempat Penyimpanan

Smart Key System sebaiknya tidak ditempatkan di dalam bagasi motor atau yang memiliki potensi hilang apalagi tertinggal. Maka pastikan remotenya selalu melekat seperti di dalam tas atau di dalam saku celana.

Photo : AHM

  • Hindari Radiasi

Jauhkan Smart Key motor Anda dari benda yang memiliki gelombang radio seperti televisi, komputer/laptop, handphone, dan tower pemancar. Benda-benda tersebut dipercaya mampu mengganggu sinyal atau frekuensi remote.

  • Simpan ID Tag

ID tag sebaiknya ditempatkan secara aman dan tidak diperbolehkan memberitahukannya kepada orang lain. Karena ID tag berfungsi sebagai alat mengoperasikan kendaraan dalam keadaan darurat.

  • Simpan Cadangan di Rumah

Saat berkendara cukup bawa satu saja Smart Key, karena jika hilang cadangannya masih tersedia di rumah.

  • Matikan Saat Tidak Digunakan

Saat tiba di tempat tujuan, posisikan sepeda motor dengan setang terkunci dan remote posisi off. Ini agar sinyal yang menghubungkan Smart Key dan motor terputus. Indikatornya OFF pada saat lampu berwarna merah menyala saat ditekan.

 

Artikel Terkait