Tips Setting Lampu Depan Mobil, Kanan dan Kiri Berbeda

Melakukan pengaturan pada lampu depan mobil penting dilakukan agar berkendara tetap nyaman sehari-hari

Tips Setting Lampu Depan Mobil, Kanan dan Kiri Berbeda
Photo: 123rf

TRENOTO – Lampu depan mobil atau headlamp memiliki peranan penting dalam perjalanan. Tidak hanya pada malam hari sebagai sumber penerangan, namun bisa digunakan untuk memberi tanda bagi kendaraan lain.

Sayangnya masih banyak pengendara mobil yang tidak memperhatikan kondisi kendaraannya. Salah satunya mengabaikan fungsi lampu depan sebagai perangkat kelengkapan dan keselamatan di jalan.

Disebutkan di atas bahwa sorot lampu membantu penglihatan terutama saat malam hari. Jika setting lampu depan mobil tidak sesuai bisa mengurangi kenyamanan berkendara.

Lebih jauh jika arah sorot lampu menyebar tidak jelas, bisa mengganggu pengguna jalan lain. Baik di depan yang searah maupun dari arah berlawanan.

Photo : peugeot

Bahkan lampu depan yang terlalu silau bisa menjadi penyebab kecelakaan bagi pengendara lain. Terutama kendaraan dari arah berlawanan.

Oleh karena itu penting untuk melakukan pengecekan sekaligus penyettingan ulang arah lampu sorot utama. Seperti disebutkan oleh Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International – Peugeot melalui siaran persnya (10/06).

Disebutkan bahwa penyettingan arah sorot lampu bisa dilakukan secara manual. Cara mudah melakukannya adalah dengan menggunakan tembok sebagai perantara.

Menggunakan tembok rata untuk mengatur arah sorot lampu jelas. Selain itu dikatakan pula untuk mengaplikasikannya dibutuhkan ruang yang agak gelap.

“Untuk mengecek arah lampu kanan dan kiri, dekatkan mobil ke tembok dan buat garis sebagai tanda sejajar dengan sorot lampu bagian atas. Setelah itu mundurkan mobil sekira 10 meter sambil lampu tetap dinyalakan,” tulis Roni.

Dikatakan lebih lanjut bahwa idealnya batas atas sorot lampu harus mengenai garis yang dibuat. Jika belum lanjutkan penyesesuaian hingga terlihat pas.

Pengaturan posisi vertikal dan horizontal berada di belakang lampu utama. Terdapat baut dikelilingi plastik berbentuk lingkaran hampir penuh.

Photo : peugeot

Guna melakukan pengaturan dibutuhkan alat berupa obeng kembang. Masukkan dari sisi samping lingkaran yang terbuka.

Ia menjelaskan jika sorot lampu depan mobil harus berbeda antara kiri dan kanan. Pada bagian kiri bisa dibuat lebih keluar sekitar 5 derajat agar mendapatkan pendaran lebih luas.

“Kenapa arah sorot lampu utama sebelah kiri harus berbeda dengan kanan. Hal ini agar pengemudi dapat jelas melihat sisi luar marka jalan atau trotoar, selain melihat ke arah depan,” jelasnya.

Artikel Terkait