Tol Puncak Bogor Akan Dibangun, Ini Rencana Rutenya

Melihat padatnya lalu lintas setiap akhir pekan dan libur panjang, Tol Puncak Bogor akan dibangun melalui Kementerian PUPR

Tol Puncak Bogor Akan Dibangun, Ini Rencana Rutenya
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – Hampir setiap akhir pekan dan libur panjang, jalur tol menujuk Puncak mengalami kemacetan parah. Melihat hal ini sejumlah pihak terkait berlomba mencari solusi terbaik, tak terkecuali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Memiliki rencana untuk membangun jalan Tol Puncak Bogor, pembangunan tersebut akan dilakukan mulai dari Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) hingga ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menyambut hal ini Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan mengaku bila pihaknya mendukung wacana tersebut.

Photo : NTMC Polri

"Siap mendukung untuk tujuan mengurai macet Puncak. Kalau (rencana) yang lama kan kita (membangun) Puncak Dua dan pelebaran (Jalan Puncak) ya, tapi mungkin ada solusi baru yang lebih efisien dan efektif," katanya.

Meski begitu, Kementerian PUPR belum menginformasikan secara resmi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengenai wacana pembangunan jalan tol dari Caringin hingga Gunung Mas, Cisarua, Puncak.

"Saya belum dapat informasi suratnya. Yang baru kita diskusikan dengan tim percepatan itu kita harus apa dengan adanya rencana itu. Kita ada tugas apa atau menyosialisasikan pembebasan lahan yang akan dilewati atau yang lain," kata Iwan.

Photo : Korlantas Polri

Walau terdapat rencana tersebut, Iwan memastikan wacana pembangunan Jalur Puncak II masih akan menjadi fokus dan semangat Pemkab Bogor. Hal ini dikarenakan jalur Puncak II bukan hanya untuk mengurangi kemacetan, tapi juga mengembangkan kawasan di Kecamatan Sukamakmur dan sekitarnya.

"Sukamakmur itu butuh akses untuk mobilitas warga. Lebih ke pengembangan kawasan juga kalau Puncak II itu, tidak semata-mata mengurangi kemacetan di Puncak saja. Karena minim akses, IPM Sukakamur itu paling rendah di Kabupaten Bogor. Tapi, kalau (bangun Jalan Puncak II) menggunakan APBD ya agak berat," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menyebut, pembangunan jalan tol adalah solusi terbaik yang mungkin dilakukan untuk menangani kemacetan di kawasan Puncak.

Menurutnya, pemerintah berencana untuk melakukan pembangunan jalan bebas hambatan alias jalan tol dari Caringin menuju Puncak dengan total panjang 18 kilometer. Rutenya, mulai dari Caringin-Cisarua-Gunung Mas.

Artikel Terkait