Toyota Eco Youth Digelar, Finalis Masuki Tahap Pendampingan

Toyota Eco Youth digelar kembali dan telah memasuki tahap pendampingan untuk mewujudkan proposal yang telah dibuat

Toyota Eco Youth Digelar, Finalis Masuki Tahap Pendampingan
Photo: Toyota

TRENOTO – Penyelenggaraan Toyota Eco Youth (TEY) ke-12 telah memasuki tahap pendampingan. Dalam program tahunan kepedulian lingkungan generasi muda dari Toyota Indonesia ini telah terpilih 25 finalis dengan proposal “Eco-Project” bertemakan pentingnya pemahaman netralitas karbon dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Menariknya dalam proposal yang diajukan, lebih dari 50 persen di antaranya mengangkat tema ‘Energi Alternatif’. Sementara finalis lainnya mengambil tema ‘Pengelolaan Limbah’ dan ‘Produk Alternatif Ramah Lingkungan.’

Tema tersebut tentunya menarik karena belakangan pemerintah memang cukup intens dalam mengembangkan energi terbarukan. Dengan energi ramah lingkungan maka polusi yang selama ini hadir dapat berkurang tanpa harus mengorbankan kegiatan perekonomian masyarakat.

Photo : Toyota

Meski demikian bukan berarti 2 tema lain tidak menarik untuk disimak. Pasalnya kedua tema tersebut juga memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman untuk ditinggali.

“Tahapan pendampingan yang kami lakukan menjadi bentuk penguatan visi misi bagi seluruh finalis peserta program TEY. Arahan dan bimbingan terhadap proyek bertujuan untuk memberikan semangat bagi generasi muda dalam merealisasikan inovasi serta kreasi gerakan kepedulian lingkungan,” ungkap Bob Azam Corporate External Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Ia pun menambahkan bahwa program ini diharapkan dapat berdampak positif bagi lingkungan. Terlebih tantangan masa depan terkait netralitas karbon semakin meningkat dan harus dihadapi dengan konsisten.

Photo : Toyota

TEY adalah kompetisi yang ditujukan untuk membangun cara pandang generasi muda Indonesia (khususnya para pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan atau sederajat). Program ini memberi kontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas lingkungan sekolah serta komunitas sekitarnya.

Selain itu, tujuan dari program yang sudah lebih dari 1 dekade dilakukan adalah untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan bahaya karbon bagi lingkungan hidup. Tidak heran bila Toyota Indonesia menggaungkan semangat ‘Carbon is Our Enemy’ kepada para finalis.

Bahkan salah satu peserta menyatakan bahwa motivasinya dalam mengikuti program TEY ke-12 adalah untuk membantu sesama, masyarakat dan lingkungan sekitar. Selain itu Ia juga ingin memberikan andil serta turut berpartisipasi dalam gerakan memerangi netralitas karbon yang diaplikasikan melalui kreativitas dalam proposal ‘Eco-Project.’

Artikel Terkait