Transmisi Matic, Sejarah dari Minoritas ke Mayoritas

Transmisi matic jadi pilihan nomor satu karena kepraktisannya dan setelah 100 tahun berikut sejarah dari minoritas ke mayoritas

Transmisi Matic, Sejarah dari Minoritas ke Mayoritas

TRENOTO – Transmisi matic atau otomatis saat ini mendominasi penjualan mobil juga motor di dunia termasuk Indonesia. Atmosfernya sungguh jauh berbeda dibandingkan era tahun 80-90an di mana para pembeli masih gandrung pada kendaraan bertransmisi manual.

Saat itu, transmisi matik disebut memiliki banyak handicap. Di antaranya seperti tidak terlalu responsif, kurang tenaga saat diajak berakselerasi ditanjakan hingga mahal perawatannya dan repot jika mogok di jalan karena tidak bisa langsung ditarik.

Seiring berjalannya waktu, makin padatnya lalu lintas seperti di Jakarta dan makin berkembangnya teknologi transmisi matic yang makin canggih, prilaku konsumen berubah. Saat ini penjualan didominasi mobil bertransmisi matic, bahkan milenials banyak mengganggap aneh dan tidak praktis jika saat ini melihat masih ada yang menggunakan transmisi manual.

Photo : Istimewa

Sejarah Transmisi Matic

Sejarah transmisi matic dimulai oleh Alfred Horner, seorang insinyur mesin uap asal Kanada yang disebut sebagai perancang pertama di dunia pada 1921 atau tepat 100 tahun lalu. Saat itu Horner merancang transmisi otomatis yang cara kerjanya menggunakan udara terkompresi.

Sayangnya projek ini dianggap gagal karena tidak bisa menyalurkan tenaga dengan baik. Sampai akhirnya sistem transmisi ini tidak pernah masuk jalur produksi dan dipasarkan.


Terkini

news
Spesifikasi Hyundai Santa Fe

Penjualan Lesu, Pabrik EV Hyundai Akan Produksi Mobil Hybrid

Penjualan kendaraan listrik murni atau BEV tengah lesu, pabrik EV Hyundai akan mulai produksi mobil hybrid

mobil
Penjualan Suzuki Maret

Penjualan Suzuki Maret 2024 Naik, XL7 Hybrid Jadi Andalan

Penjualan Suzuki Maret 2024 naik 14 persen dibanding bulan sebelumnya berkat XL7 Hybrid yang laris manis

mobil
Bawa Timnas ke Semifinal, Gaji Pratama Arhan Setara 7 Ioniq 6

Bawa Timnas ke Semifinal, Gaji Pratama Arhan Setara 7 Ioniq 6

Merujuk data dari rilis resmi KFA, gaji Pratama Arhan mencapai Rp 9 miliar atau setara dengan Hyundai Ioniq 6

mobil
Spesifikasi GAC Aion Y Plus

Bocoran Spesifikasi GAC Aion Y Plus, Meluncur Tahun Ini

Dua model hadir buat konsumen Indonesia, ini spesifikasi GAC Aion Y Plus yang bakal jadi rival BYD Atto 3

mobil
Hyundai Ioniq 6 direcall

Hyundai Ioniq 6 Direcall, Ada Kesalahan Pemasangan Baut

Hyundai Ioniq 6 direcall karena adanya kesalahan pemasangan baut dan bisa menyebabkan kerusakan lebih luas

motor
Harga Vespa Rizky Ridho Usai Bawa Timnas Kalahkan Korea Selatan

Harga Vespa Rizky Ridho Usai Bawa Timnas Kalahkan Korea Selatan

Harga Vespa Rizky Ridho mulai Rp 30 jutaan saja, seperti ditemukan KatadaOTO di laman jual beli motor bekas

modifikasi
Modifikasi Toyota Hilux

Modifikasi Toyota Hilux ala Ford Ranger, Biaya Mulai Rp 12 Jutaan

Dipakaikan tambahan bodykit bergaya offroad mirip Ford Ranger Raptor, ini inspirasi modifikasi Toyota Hilux

otopedia
Hyundai akui kualitas timnas U23 setelah kalahkan Korea Selatan

Hyundai Akui Kualitas Timnas U23 Setelah Kalahkan Korsel

Hyundai akui kualitas timnas U23 setelah kalahkan Korea Selatan di perempat final Piala Asia U23 2024