Uji Tabrak, Hyundai Staria Dapatkan Nilai Sempurna

Hyundai Staria mendapatkan peringkat keamanan bintang 5 dari Australasian New Car Assessment Program (ANCAP)

Uji Tabrak, Hyundai Staria Dapatkan Nilai Sempurna
Photo: ANCAP

TRENOTO – Melakukan uji tabrak, Hyundai Staria mendapatkan nilai tertinggi atau peringkat keamanan bintang 5 dari Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

Mendapat angka sempurna, mobil pabrikan Korea Selatan tersebut dinilai mampu memenuhi semua syarat keselamatan pada kendaraan. Poin penuh diberikan dalam uji benturan samping untuk penumpang dewasa dan anak-anak, dan tes mobile progressive deformable barrier (MPDB).

Seperti dilansir website resmi ANCAP, terdapat satu kelemahan pada sistem kendaraan yakni perendaman kaki bagian atas penumpang belakang, namun hal tersebut dapat ditoleransi karena poin terbaik didapatkan kendaraan secara keseluruhan.

Staria menyediakan serangkaian fitur keselamatan yang komprehensif, seperti airbag samping pelindung kepala dan dada, autonomous emergency braking  (AEB), dan lane support system (LSS).

MPV tujuh penumpang ini juga memiliki kinerja terbaik di sebagian besar tes keselamatan yang dilakukan ANCAP.

Meski demikian, pembeli yang memiliki anak kecil harus memperhatikan penggunaan car seat anak hanya dapat dipasang di baris kedua.

Photo : ANCAP

“Peringkat keselamatan untuk Hyundai Staria akan diterima dengan baik oleh keluarga dan pembeli. Dengan ini, Staria menjadi kendaraan ketiga di segmen People Mover yang mencapai peringkat keselamatan bintang 5 di bawah kriteria ANCAP 2020-2022 yang paling ketat hingga saat ini,” kata Carla Hoorweg, Chief Executive Officer ANCAP.

Nilai bintang 5 untuk Staria juga berlaku untuk van Staria-Load. Berdasarkan data tambahan, Hyundai menegaskan, kinerja keselamatan yang sama juga ada pada semua varian Staria-Load transmisi otomatis.

Karena itu, Hyundai Staria-Load menjadi van komersial pertama yang mendapat peringkat keamanan bintang 5 di bawah protokol ANCAP 2020-2022.

“Ini adalah hasil yang sangat dinanti-nantikan untuk armada, dan langkah maju yang signifikan dari kendaraan generasi sebelumnya yang digantikan oleh Staria-Load,” ujar Hoorweg.

Dengan nilai yang didapat, Hoorweg juga menyebut, banyak usaha kecil dan pedagang, lebih aman ketika berkendara karena spesifikasi keselamatan yang tersedia di Staria-Load telah menunjukkan komitmen kuat terhadap keselamatan pengguna jalan di Australia dan Selandia Baru.

“Kami berharap hasil bintang 5 ini akan diterima dengan baik oleh armada dan pembeli komersial,” tuturnya.

Artikel Terkait