Update Harga BBM, Pertamina Kaji Kenaikan Pertamax

Terdapat jutaan kendaraan bermotor di Indonesia, update harga BBM menjadi informasi penting bagi masyarakat

Update Harga BBM, Pertamina Kaji Kenaikan Pertamax
Photo: Pertamina

TRENOTO – Mampu menjual jutaan kendaraan bermotor setiap tahunnya, Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi komponen penting saat ini. Tak heran, update harga BBM menjadi informasi yang banyak ditunggu pemilik kendaraan. 

Setelah 2 tahun tak melakukan penyesuaian, Pertamina mulai mengkaji kenaikan Pertamax. Harga minyak yang kian melambung tinggi menjadi pertimbangan banderol BBM dengan RON 92 harus mengalami peningkatan.

Meski demikian, informasi terkait penyesuaian harga masih belum bisa disampaikan oleh perusahaan BUMN tersebut.

Sebelum Pertamina, kenaikan harga BBM telah dilakukan oleh perusahaan swasta Shell. Tak tanggung-tanggung, revisi harga yang diberikan berkisar dari Rp950 hingga Rp1.280  per liter. 

Agar lebih jelas, TrenOto telah merangkum harga BBM milik Pertamina, Shell dan Vivo, berikut ulasannya.

Harga BBM Februari 2022

Menjadi yang paling stabil dari sisi harga, BBM paling murah Pertamina yakni Pertalite (RON 90) memiliki banderol Rp7.650 per liter. Selanjutnya terdapat Pertamax (RON 92) dengan harga per liternya Rp9.000.

Berada di atasnya, terdapat Pertamax Turbo dengan harga Rp12.000 per liter. Khusus pengguna mesin diesel, terdapat dua pilihan BBM dari Pertamina yakni Dexlite (CN 51) dan Pertamina Dex (CN 53).

Khusus Dexlite, harga yang ditawarkan yakni Rp9.500 per liter. Mendapatkan banderol lebih mahal, Pertamina Dex dijual Rp11.150 per liter.

Photo : Shell Indonesia

Dilansir laman resminya, harga BBM Shell kembali mengalami perubahan dibandingkan awal Januari 2022. Seluruh jenis yang dijual mengalami kenaikan pada Februari 2022.

Dari penelusuran yang dilakukan, harga BBM jenis Super di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur dibanderol Rp12.990 per liter, sedangkan Sumatra Utara lebih murah yakni Rp11.500.  

Sementara itu, untuk varian Shell V-Power dijual Rp13.550 per liter, untuk Jakarta, Jawa barat, Banten dan Jawa Timur, serta Rp12.300 per liter khusus Sumatera Utara.

Khusus V-Power Nitro+ atau setara dengan Pertamax Turbo, memiliki harga Rp13.750 per liter untuk Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Lalu harga produk V-Power Diesel dijual Rp13.270 per liter, untuk wilayah Jakarta, Jawa barat dan Banten. Hanya tersedia di Sumatra Utara dan Jawa Timur, harga Diesel Extra berada di angka Rp12.500 pada Februari 2022.

Photo : Vivo Indonesia

Meski jumlah SPBU tak sebanyak Shell, terdapat penyedia BBM lainnya, yakni Vivo. Khusus jenis Revvo 89 ditawarkan Rp9.150 dan Revvo 92 di angka  Rp11.900 per liter.

Selanjutnya terdapat Revvo 95. Untuk jenis ini ditawarkan dengan harga Rp12.500 per liter.

Artikel Terkait