Volume Kendaraan di Jalan Tol Januari - Oktober 2022 Meningkat

Volume kendaraan di jalan tol meningkat pada periode Januari hingga Oktober 2022 dengan kenaikan mencapai 18.76 persen

Volume Kendaraan di Jalan Tol Januari - Oktober 2022 Meningkat
Photo: Jasa Marga
  • Oleh Adi Hidayat

  • Jum'at, 09 Desember 2022 | 11:00 WIB

TRENOTO – Volume kendaraan di jalan tol sepanjang Januari hingga Oktober 2022 mencapai 3.33 juta mobil. Jumlah ini mengalami kenaikan 18.76 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Setidaknya ada 3 ruas jalan tol dengan volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) tertinggi di 2022 Dalam Kota, Jakarta-Cikampek dan Jagorawi. Hal ini diungkap oleh Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga.

Tol Dalam Kota menjadi ruas tersibuk karena LHR nya mencapai 515.000 kendaraan per hari. Kemudian tol Jakarta-Cikampek sebesar 447.000 mobil per hari dan sedangkan Jagorawi sebanyak 396.000 per hari.

Photo : Jasa Marga

"Perseroan saat ini mengelola total 50 persen jalan tol operasi di seluruh Indonesia atau sepanjang 1.260 km dari total konsesi jalan tol yang dimiliki sepanjang 1.809 km," katanya.

Banyaknya jumlah kendaraan yang melintas menunjukkan bahwa kondisi perekonomian di Tanah Air sudah mulai membaik setelah pandemi Covid-19. Namun itu tentu bukanlah alasan bagi Jasa Marga untuk membiarkan kemacetan berlarut-larut.

Baca juga : Simak Jadwal Pemeliharaan Tol Dalam Kota

Beberapa kebijakan telah dilakukan khususnya di tol Dalam Kota yang setiap harinya selalu sibuk. Salah satunya adalah dengan melakukan contra flow pada hari dan jam-jam tertentu untuk mencairkan kepadatan lalu lintas.

Selain itu mereka juga dikabarkan tengah melakukan beberapa pengembangan lain seperti penerapan sistem pembayaran tanpa berhenti. Rencana penerapannya dimulai tahun depan dengan tujuan mempercepat transaksi.

Kemudian Jasa Marga juga masih mengerjakan beberapa proyek pembangunan jalan tol di bebepara lokasi di Indonesia. BUMN ini memiliki target untuk menyelesaikan pekerjaannnya secara bertahap pada periode 2022 hingga 2025.

Photo : Jasa Marga

Proyek jalan tol tersebut adalah Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah, Tol Ngawi-Kertosono-Kediri seksi Kediri-Kertosono, Tol Bogor Ring Road seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda, Tol Probolinggo-Banyuwangi seksi Probolinggo-Besuki, Tol Yogyakarta-Bawen serta Tol Gedebage-Cilacap seksi Gedebage-Garut Utara.

Dengan kehadiran jalan tol terebut diharapkan mobilitas masyarakat bisa dilakukan dalam waktu lebih singkat dibanding saat ini.

Artikel Terkait