Volume Lalu Lintas Meningkat, Jutaan Kendaraan Gunakan Jalan Tol

Volume Lalu Lintas meningkat di Semester I 2022, lebih dari 3 juta kendaraan gunakan jalan tol setiap hari

Volume Lalu Lintas Meningkat, Jutaan Kendaraan Gunakan Jalan Tol
Photo: Jasa Marga

TRENOTO – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat peningkatan volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia pada semester I 2022. Bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu, peningkatan yang terjadi mencapai 19,03 persen, dari 2,7 juta menjadi 3,25 juta kendaraan tiap harinya.

Lisye Octaviana selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga menjelaskan di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi, mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap peningkatan volume lalu lintas di jalan tol. 

“Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yang tercatat sebanyak 3,4 juta kendaraan, maka dapat disimpulkan LHR di sepanjang Semester I Tahun 2022 ini sudah sangat mendekati volume lalu lintas normal sebelum pandemi,” katanya.

Photo : NTMC

Salah satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2022 ialah pemberlakuan kebijakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jasa Marga mencatat volume lalu lintas periode arus mudik (H-7 sampai dengan H2) mencapai 1,69 juta kendaraan atau naik 32,8 persen dari lalu lintas normal.

“Terdapat 1,78 juta kendaraan pada periode arus balik (H1 sampai dengan H+7) naik 42,7 persen dari lalu lintas normal,” ujarnya. 

Photo : Trenoto

Lisye menambahkan, tiga ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester 1 Tahun 2022 antara lain, Jalan Tol Dalam Kota dengan 496 ribu kendaraan setiap hari, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dengan 443 ribu kendaraan setiap hari dan Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan setiap hari.

“Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol. Di antaranya yaitu, memastikan pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi hingga pelayanan konstruksi tetap optimal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya serta berkolaborasi dengan para stakeholder,” tutup Lisye.

Jasa Marga juga menghimbau pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy.

Artikel Terkait