Warga Jabodetabek Bisa Mudik Gratis 2022 ke Jawa Tengah

Mudik gratis 2022 bisa dinikmati masyarakat yang hendak pulang ke Provinsi Jawa Tengah, berikut caranya

Warga Jabodetabek Bisa Mudik Gratis 2022 ke Jawa Tengah
Photo: 123RF

TRENOTO – Memberi fasilitas bagi masyarakat untuk pulang ke kampung halaman, program mudik gratis 2022 dilakukan sejumlah instansi seiring dengan izin yang diberikan pemerintah. Hal itu juga dilakukan Pemprov Jawa Tengah (Jateng).

Diberikan bagi warganya yang bekerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah mengaku senang bisa memberi fasilitas bagi masyarakat untuk bertemu keluarga di kampung halaman. 

Kabar tersebut disampaikan melalui media sosial pribadinya. Dalam postingannya Ganjar menyebut, mudik gratis 2022 akan digelar pada Kamis (28/4/2022).

“Halo warga Jateng yang berada di Jabodetabek, ada kabar bahagia nih. Akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir kembali. Mudik lebaran gratis bantuan Gubernur Jawa Tengah, Bupati/Wali Kota se-Jateng, dan Bank Jateng tahun 2022,” tulis Ganjar.

Photo : Instagram @kominfobogor

Hanya terdapat satu lokasi kumpul, masyarakat yang sudah terdaftar bisa menyambangi Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di wilayah Jakarta Timur.

“Adapun syarat mengikuti mudik adalah ber-KTP Jawa Tengah, sudah vaksin booster. Sementara kriteria pekerjaan yang boleh ikut serta adalah Asisten Rumah Tangga (ART), pengemudi online, buruh bangunan, pedagang kecil atau asongan,” jelasnya.

Msyarakat yang berminat dan masuk kriteria tersebut bisa melakukan pendaftaran secara online mulai 13 April 2022. Sangat mudah, calon pemudik hanya perlu mengisi link https://bit.ly/mudikgratisbantuangubjateng2022.

“Ayo segera daftar, karena kuota terbatas. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi nomor 021-7395238,” terangnya.

Seperti dilansir website resmi Provinsi Jawa Tengah, program mudik gratis yang diberikan mendapat sambutan positif dari warga Jateng di Jabodetabek. 

Photo : NTMC Polri

“Untuk bus bantuan dari Bank Jateng, pendaftarannya juga manual langsung ke Bank Jateng Cabang Jakarta,” kata Risturino selaku Kepala Subbid Pelayanan dan Hubungan Antar lembaga Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah. 

Sebelum pandemi Covid-19, mudik gratis merupakan program tahunan yang gelar Ganjar Pranowo bagi warganya diperantauan. Pada 2019, Kader PDI P ini menggandeng pemkab/pemkot dengan melepas 20 ribu pemudik dari wilayah Jabodetabek. 

Tak hanya bus, terdapat tiga modal transportasi yang digunakan sebagai fasilitas mudik yakni kapal dan kereta api. 

Artikel Terkait