3 Lokasi Baru Street Race Polda Metro Jaya, Digelar Bulan Depan

3 lokasi baru Street Race Polda Metro Jaya sudah ditetapkan, Februari akan mulai digelar secara bergiliran

3 Lokasi Baru Street Race Polda Metro Jaya, Digelar Bulan Depan
Photo: NTMC Polri

TRENOTO – Polda Metro Jaya menegaskan tengah menyiapkan kembali ajang balap jalanan atau street race. Penyelenggaran rencananya dilakukan di daerah penyangga ibukota yaitu Bekasi dan Tangerang.

Setidaknya ada 3 lokasi baru Street Race Polda Metro Jaya yang sudah disiapkan. Ketiga lokasi tersebut adalah BSD di Tangerang Selatan, Perumahan Vida, Mustika Jaya, Kota Bekasi dan kawasan Meikarta di Kabupaten Bekasi. 

“Kalau lihat dari pengelola perumahan dengan komunitas serta Pak Kapolres saya pikir tidak ada masalah. Kami tentu siapkan sarananya serta teman-teman yang punya hobi balap tidak lagi menutup jalan,” jelas Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, Dirlantas Polda Metro Jaya.

Penetapan lokasi peyelenggaran Street Race bukanlah sebuah hal mudah karena harus memiliki panjang sejauh 800 meter. Dari panjang lintasan tersebut, 500 meter digunakan berakselerasi dan 300 meter sisanya untuk pengereman.

Kabupaten Bekasi Jadi Lokasi Terakhir

Photo : pribadi

Kabupaten Bekasi pun digadang-gadang akan jadi lokasi pamungkas dari penyelenggaraan ini. Meski belum ada tanggal pasti, diperkirakan penyelenggaraan dilangsungkan pada akhir Februari setelah Kota Bekasi dan Kota Tangerang Selatan rampung.

“Mudah-mudahan Februari akhir sudah bisa digelar di wilayah kita, kalau tidak ada halangan bisa jadi di pertengahan Februari. Karena sepertinya kita menunggu gelaran di dua kota lain dulu,”ungkap Kombes. Pol. Gidion Arif Setyawan, S.H , S.I.K., M.H, Kapolres Metro Bekasi.

Dirinya berharap ajang Street Race mampu menekan angka pelanggaran lalu lintas, terutama saat ada aksi balap liar jalanan. Pasalnya dengan adanya kegiatan ini maka para pembalap jalanan sudah memiliki wadah untuk menyalurkan hobi mereka.

“Saya juga berharap ajang ini jadi seperti safari. Pertama kan sudah di Ancol, kemudian di Kota Bekasi, lalu Tangerang, terakhir di Kabupaten Bekasi,” tambahnya.

Photo : NTMC Polri

Street Race yang diselenggarakan Polda Metro Jaya di Ancol memang berhasil mendapat respon positif. Tidak hanya dari banyaknya peserta, jumlah balap liar di Jakarta pun ternyata berkurang dibanding sebelumnya.

Hasil ini membuat Polda Metro Jaya berinisiatif untuk menggelar acara serupa ke daerah penyokong ibu kota seperti Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Tangerang Selatan. Ketiga daerah tersebut pun dinilai memiliki lokasi yang tepat untuk penyelenggaraan street race.

Artikel Terkait