Ada Ribuan Penginapan Terapung Gratis buat Nonton MotoGP Mandalika

PT Pelni menyediakan penginapan terapung gratis untuk penonton MotoGP Mandalika yang kehabisan hotel

Ada Ribuan Penginapan Terapung Gratis buat Nonton MotoGP Mandalika
Photo: antara

TRENOTO – Penyelenggaraan MotoGP di Indonesia memang berhasil membawa dampak positif khususnya dari sektor wisata di wilayah tersebut. Ribuan wisatawan langsung memadati Lombok yang menjadi lokasi penyelenggaraan.

Sayangnya, MotoGP tidak sekedar balap motor yang membutuhkan sirkuit berstandar internasional. Kesiapan penginapan dan hotel merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan penyelenggaraan namun terkesan kurang mendapat perhatian secara detail.

Hal ini bahkan menjadi Presiden Joko Widodo saat membuka parade pembalap MotoGP di Istana Negara beberapa waktu lalu. Ia bahkan menegaskan bahwa sektor hotel harus menjadi perhatian karena menjadi tantangan terbesar.

“Yang jelas dari sisi akomodasi hotel memang kita masih butuh banyak sekali di Mandalika,” tegasnya.

Mengatasi keterbatasan, Pemerintah pun akhirnya turun tangan menyediakan penginapan terapung. Penginapan tersebut memanfaatkan KM Kelud milik PT Pelni yang bersandar di Pelabuhan Gili Mas, Lembar, lombok selama perhelatan MotoGP Indonesia 2022.

Menariknya lagi, penginapan terapung gratis untuk penonton MotoGP Mandalika namun tidak memiliki tempat untuk bermalam. Layanan ini diharapkan bisa membantu penonton dan memberikan pengalaman lebih menarik.

Dilansir dari akun Instagram PT Pelni, KM. Kelud merupakan kapal tipe 2.000 pax yang dapat menyediakan bed atau tempat tidur untuk sekitar 2.000 orang. Namun dalam menjalani penugasan Hotel Terapung kali ini hanya disiapkan 1.500 bed.

KM. Kelud telah bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Minggu 13 Maret 2022 pukul 18.00 menuju Pelabuhan Gili Mas, Lombok. Kapal pun telah tiba di Gili Mas pada Selasa, 15 Maret pukul 08.00. Kapal akan bersandar di Pelabuhan Gili Mas dari tanggal 15-21 Maret 2022.

Penggunaan kapal sebagai Hotel Terapung untuk penonton Moto GP Mandalika 2022 dilakukan mulai tanggal 17-21 Maret 2022. Untuk mendapat layanan ini, disyaratkan memiliki tiket nonton Moto GP Mandalika serta sejumlah persyaratan lain seperti sudah divaksin 2 kali.

Selain itu, mereka juga harus melakukan reservasi dengan menghubungi panitia melalui email ke [email protected]. Dalam reservasi harap melampirkan nama, alamat, nomor KTP, nomor HP, tanggal check in dan out.

Artikel Terkait