Aleix Espargaro Minta Maaf Bikin Blunder Fatal

Aleix Espargaro Minta Maaf karena sudah melakukan blunder yang memalukan dirinya dan tentunya tim tempatnya bernaung

Aleix Espargaro Minta Maaf Bikin Blunder Fatal
Photo: Twitter MotoGP

TRENOTO – Aleix Espargaro minta maaf kepada tim Aprilia karena sudah membuat blunder fatal. Kesalahan yang dilakukan pada lap terakhir membuat dirinya kehilangan kesempatan naik podium.

Espargaro kembali melakukan hasil impresif pada sesi kualifikasi. Bahkan sejak latihan bebas dirinya sudah menunjukkan dominasinya.

Tidak mengherankan Espargaro mencetak pole position di MotoGP Catalunya 2022. Namun start dari posisi terdepan tidak membuatnya tampil dominan di depan.

Karena sejak tikungan pertama, posisi terdepan sudah direbut oleh Fabio Quartararo. Rider tim Aprilia ini sedikit beruntung karena Francesco Bagnaia dan Alex Rins mengalami insiden.

Photo : Twitter MotoGP

Karena dua rider tersebut bisa menjadi batu sandungan bagi Espargaro di Barcelona. Namun pada balapan kemarin (05/06), Ia harus menghadapi dua pembalap dari tim Pramac Ducati.

Setidaknya dua kali Jorge Martin berhasil mengambil alih posisi Esparagaro. Namun kakak kandung dari Pol Espargaro tersebut mampu menunjukkan performa brilian dengan kembali merebut posisi kedua.

Persaingan antara kedua pembalap juga mulai diramaikan oleh Johann Zarco yang kian mendekat. Ketiga pembalap saling mempelajari kelemahan dari setiap tikungan.

Setelah berhasil menyodok Espargaro jelang balapan berakhir, Martin masih belum bisa lepas dari bayang-bayang Aprilia. Karena pada lap terakhir, Espargaro kembali menyodok dan menyingkirkan rider Pramac Ducati tersebut.

Photo : Twitter MotoGP

Di sinilah Espargaro membuat kesalahan fatal dan membuat semua orang geleng-geleng kepala. Ia mengira bahwa garis yang dilintasi merupakan finish balapan, ternyata masih ada satu lap lagi.

Semula banyak orang hingga komentator MotoGP mengira bahwa Espargaro mengalami kendala teknis. Baru tersadar bahwa dirinya melakukan kesalahan fatal saat rekan satu tim Maverick Vinales ini melakukan selebarasi ke penonton.

Sontak publik tercengang dan Ia baru tersadar saat para pembalap lain masih tancap gas. Ia pun terlanjur disalip Luca Marini yang berada di posisi kelima.

Meskipun pada akhirnya Ia bisa mengatasi adik tiri Valentino Rossi tersebut, Espargaro tetap kehilangan podium di Catalunya. Posisi di klasemen sementara juga semakin tertinggal dari Quartararo selisih 22 poin.

Photo : Twitter MotoGP

Atas perbuatannya tersebut, Espargaro meminta maaf kepada Aprilia. Ia berkelakar bahwa ada kebiasaan berbeda ketika di Barcelona.

“Maaf adalah satu-satunya yang bisa saya katakan. Itu adalah kesalahan yang tidak dapat diterima di kategori ini,” ucapnya usai balapan.

Espargaro membalap hingga limit tertinggi sehingga jarak dengan Martin hanya 0.6 detik. Lalu dirinya melihat menara memberikan tanda L1 dan dianggap balapan selesai.

Padahal tanda balapan usai adalah L0 sehingga inilah yang membuat Espargaro melakukan blunder.

Artikel Terkait