Alex Marquez Menyebrang ke Ducati dari Honda

Alex Marquez menyebrang ke Ducati dari LCR Honda yang selama ini menjadi rumahnya di kejuaraan MotoGP

Alex Marquez Menyebrang ke Ducati dari Honda
Photo: Twitter

TRENOTO – Bursa transfer MotoGP 2023 masih bergulir cukup panas karena sejumlah nama beken akan berpindah tim. Salah satunya adalah Alex Marquez menyebrang ke Ducati dari Honda.

Adik kandung Marc Marquez secara mengejutkan meninggalkan Honda. Merek asal Jepang yang telah membantu karirnya selama ini di MotoGP akhirnya menemui jalan buntu.

Honda RC213V yang ditunggangi Alex selama ini tidak bisa memuaskan hasratnya sebagai pembalap. Sebagai seorang juara dunia Moto2 dua kali, membalap tanpa prestasi merupakan suatu kemunduran.

Meskipun belum ada pernyataan resmi, namun kabar beredar Alex akan disandingkan dengan Fabio Di Giannantonio di Gresini Racing. Dikutip dari Speedweek, Emilio Alzamora selaku manajer Marc dan Alex Marquez bahwa pembalapnya menolak kontrak baru dari LCR Honda.

Photo : Twitter

Alex digadang-gadang akan menggantikan posisi Enea Bastianini yang naik ke tim pabrikan Ducati. Alzamora melihat pembalapnya memiliki prospek lebih baik bersama Ducati.

Seperti diketahui belakangan ini Honda RC213V bukanlah motor mudah dikendarai oleh semua pembalap. Motor prototipe berlambang sayap mengepak tersebut seolah hanya dikembangkan untuk Marc seorang.

Berbeda dengan era pembalap sebelumnya di mana para pembalap yang menunggangi Honda bisa meraih kemenangan. Setidaknya pembalap satelit seperti Cal Crutchlow saat itu bisa menapaki podium pertama.

Honda belakangan hanya fokus pada Marc dan pengembangan motor lebih mengarah pada sang juara dunia MotoGP enam kali tersebut. Celakanya sang pembalap saat ini tengah bermasalah dengan cedera tangan kanannya.

Sementara Alex dipastikan hengkang dari LCR Honda, sang pemilik tim yakni Lucio Cecchinello mengatakan bahwa sudah menemukan penggantinya.

Photo : suzuki

“Alex Rins adalah salah satu pilihan kami. Apakah (Takaaki) Nakagami tetap atau digantikan Ai Ogura, HRC akan membuat pernyataan resminya dalam waktu dekat,” kata Lucio seperti dikutip Speedweek.

Sekadar mengingatkan kembali bahwa Rins sudah dipastikan kehilangan tempat di Suzuki pada musim depan. Dikarenakan Suzuki memutuskan hengkang dari MotoGP karena kesulitan biaya.

Jika kabar di atas benar, maka LCR Honda akan memiliki duet pembalap baru pada MotoGP 2023. Sementara Joan Mir akan bergabung dengan Repsol Honda menggantikan Pol Espargaro yang kembali ke KTM.

Artikel Terkait