Andi Gilang Cetak Sejarah Sebagai Juara Asia Kelas SS600

Gelaran ARRC 2022 di Buriram, Thailand, Andi Gilang cetak sejarah dengan merebut titel juara Asia 2022

Andi Gilang Cetak Sejarah Sebagai Juara Asia Kelas SS600
Photo: AHM

TRENOTO – Andi Farid Izdihar atau biasa disebut Andi Gilang cetak sejarah para gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) 2022. Seri terakhir yang dilakukan di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini sapu bersih podium.

Balapan diselenggarakan 19 – 20 November 2022 Andi Gilang meraih podium pertama dalam dua race. Ia juga mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara ARRC kelas Supersport (SS) 600.

Juara SS600 merupakan sebuah prestasi membanggakan. Pembalap muda Indonesia ini memulai karirnya dengan mengikuti Astra Honda Racing School terus mengilap prestasinya.

Photo : AHM

Berbekal penampilannya di ajang GP World Championship Moto2 dan Moto3, Andi terus meningkatkan prestasinya. Ia juga membuktikan diri bisa mencetak prestasi di kancah internasional.

Andi sendiri menggunakan Honda CBR600RR menunjukkan taringnya pada seri terakhir. Pembalap asal Sulawesi Selatan tersebut tampil sangat impresif pada race pertama maupun kedua.

Pada balapan pertama Ia memulai dari posisi kedua dan sempat melorot ke barisan tengah. Namun Andi mampu merangsek ke depan yang melintasi garis finish di tempat pertama.

Lalu pada race kedua dirinya tetap menunjukkan konsistensi ciamik. Tampil di lintasan basah dan licin, Andi mampu bertahan dari serangan pembalap Thailand dan sekali lagi lagu Indonesia Raya berkumandang di podium.

Baca juga :Andi Gilang Jatuh Bangun di ARRC Sepang 2022, AHRT Berjaya

Berhasil memenangkan dua balapan di Buriram, Thailand, Ia mengumpulkan 50 poin penuh. Total raihan poinnya sama dengan satu pembalap lain, namun karena Andi mengoleksi kemenangan lebih banyak, Ia akhirnya dinobatkan sebagai juara Asia.

“Balapan kali ini sangat luar biasa, saya mencoba mengatur irama dengan baik dan fokus agar tidak melakukan kesalahan. Double winner dan penentuan juara Asia ini adalah momen terbaik dalam karir balapan saya,” ucap Andi seperti dikutip dalam siaran pers AHM.

Kelas AP250 Kurang Beruntung

Photo : AHM

Tiga pembalap binaan Honda di kelas AP250 yakni Herjun Atna Firdaus, M Adenanta Putra dan Rheza Danica Ahrens mampu sapu bersih podium. Namun pada race kedua target kemenangan tidak tercapai sehingga gelar juara berhasil direbut kompetitor.

Ketiga pembalap binaan AHM tersebut menempati posisi kedua, ketiga dan keempat di klasemen akhir.

“Selamat untuk para pembalap di kelas SS600 dan AP250. Terima kasih atas dukungan seluruh tim dan masyarakat Indonesia, kami tidak akan berhenti dan terus mengejar mimpi dengan prestasi,” kata Andy Wijaya, General Manager Marketing Planning & Analysis AHM.

Artikel Terkait