Aspal Sirkuit Mandalika Dapat Grade A, Pebalap Masih Protes

Aspal sirkuit mandalika berhasil mendapat grade A dari FIM dan Dorna sehingga gelaran MotoGP bisa digelar di sana

Aspal Sirkuit Mandalika Dapat Grade A, Pebalap Masih Protes
Photo: Antara

TRENOTO – Pengaspalan ulang lintasan balap Mandalika sudah selesai sebelum gelaran MotoGP berlangsung di sana. Melalui proses homologasi yang dilakukan FIM dan Dorna, hasilnya memuaskan.

Sirkuit baru kebanggaan Indonesia tersebut mendapatkan Grade A dari Dorna maupun FIM. Artinya aspal sirkuit Mandalika memiliki kualitas terbaik.

“Sebagian pebalap MotoGP hadir dalam rapat yang antara lain CoC (Clerk of Course), perwakilan Ikatan Motor Indonesia, Mike Webbs selaku Race Director, Carlos Ezpeleta selaku Managing Director Dorna, Loris Capirossi (Safety Advisor Dorna), mendiskusikan mengenai masukan pebalap mengenai kondisi lintasan,” kata Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Pihaknya menyatakan setelah diskusi, FIM menyutujui untuk memberikan homologasi grade A. Sehingga ajang balap motor MotoGP tetap bisa dilakukan di Mandalika.

“Alhamdulillah lintasan sudah bisa dipakai untuk balapan tersebut (MotoGP). Tentu ini tidak lepas dari dukungan Hadi Tjahjanto sebagai komandan lapangan, kementrian-kementrian terkait, semua pihak agar kita bisa melakukan ajang ini pada Sabtu dan Minggu,” jelasnya kemudian.

Photo : istimewa

Pada saat menggelar World Superbike (WSBK), sirkuit Mandalika masih mengantungi grade B. Namun timbul masalah saat lintasan digunakan untuk sesi tes pramusim bulan lalu.

Seperti diketahui aspal sirkuit Mandalika terkelupas sehingga para pebalap mengeluhkan hal tersebut. Menurut rekomendasi FIM dan Dorna Sports, aspal mesti dikupas dan dibuat lapisan lagi.

Keluhan Pebalap atas Aspal Mandalika

Sejumlah pebalap seperti Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia mengaku jika aspal sirkuit Mandalika sudah lebih baik. Masih ada kekurangan namun dikatakan masih bisa ditolerir.

Berbeda dari dua pebalap di atas, Alex Rins menyebutkan jika lintasan Mandalika masih kotor. Disebutkan masih ada kerikil di sekitar sirkuit.

Photo : istimewa

Pada sesi latihan bebas (free practice) kedua Jumat kemarin, Marc Marquez tersungkur dari motornya. Pebalap Repsol Honda tersebut kehilangan grip ban depan dan berguling-guling di gravel.

Menurutnya kejadian tersebut bisa saja terjadi pada saat pebalap ingin mendapatkan hasil terbaik pada balapan. Ia mengatakan tengah mencari pilihan ban yang tepat untuk balapan Minggu.

Pada Jumat sore juga terlihat beberapa petugas melakukan penyiraman sirkuit. Hal ini diakui untuk mendinginkan aspal dan menyempurnakan proses pengerasan aspal di bagian bawah.

Artikel Terkait