Aspal Sirkuit Mandalika Disamakan dengan Argentina

Aspal Sirkuit Mandalika yang sudah mendapat grade A dari FIA disamakan dengan Termas de Rio Hondo, Argentina

Aspal Sirkuit Mandalika Disamakan dengan Argentina
Photo: MotoGP

TRENOTO – Pebalap MotoGP dari tim Gresini Racing yakni Fabio Di Giannantonio menilai trek sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina memiliki kekurangan seperti lintasan Mandalika. Salah satu yang menjadi sorotan adalah trek kotor.

Sekadar mengingatkan, aspal sirkuit Mandalika dicap kotor karena permukaannya terangkat. Hal ini membuat pihak MGPA (Mandalika Grand Prix Association) melakukan aspal ulang beberapa titik lintasan.

“Kita (semua pebalap) pasti akan merasa kotor, agak mirip Mandalika. Jadi saya tidak menutup kemungkinan dry setup di Indonesia kembali digunakan di Argentina,” ucap Fabio seperti dikutip Motosan, Selasa (29/03).

Aspal sirkuit Mandalika mendapat grade A dalam homologasi yang dilakukan FIM sebelum balapan dimulai. Namun hal ini tidak membuat para pebalap puas karena dirasakan masih kotor.

Photo : 123RF

Hal ini diungkapkan oleh pebalap tim Suzuki Ecstar yakni Alex Rins. Bahkan setelah balapan berlangsung Ia memperlihatkan serpihan aspal Mandalika yang menempel pada dadanya.

Sementara, MotoGP sudah dua tahun absen menggelar MotoGP karena pandemi covid-19. Ditambah lagi kebakaran yang sempat melanda beberapa bangunan di sekitar lintasan balap.

Atas hal tersebut, kondisi trek di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina diyakini sama kotornya dengan Mandalika.

Di balik prediksi kotornya sirkuitnya sirkuit Argentina, pebalap tim Gresini Racing tersebut sangat antusias jelang MotoGP Argentina 2022. Maklum karena Fabio merupakan rookie di MotoGP.

“Kami akhirnya kembali ke Argentina. Sudah dua tahun sejak kami pergi ke sana dan itu adalah trek yang sangat-sangat indah menurut saya,” ucapnya kemudian.

Tim Gresini Racing tahun ini menggunakan motor Ducati Desmosedici. Bahkan rekan setim Fabio yakni Enea Bastianini menjadi pemenang seri pertama MotoGP di Qatar beberapa waktu lalu.

Bermodalkan hasil bagus tersebut, kedua pebalap tim yang bertabur sponsor asal Indonesia tersebut bersemangat mengulang hasil serupa.

Walaupun faktanya motor-motor Ducati tidak memiliki prestasi mengilap di Argentina. Honda dan Yamaha yang memiliki catatan manis di sirkuit sepanjang 4.805 km tersebut.

Photo : MotoGP

Marc Marquez merupakan pebalap paling banyak meraih kemenangan di Argentina dengan 3 kali podium tertinggi di sana. Sayang pada balapan yang digelar pada 3 April 2022, The Baby Alien terpaksa absen.

Artikel Terkait