Bagnaia Cetak Rekor Baru di MotoGP Austria 2022

Francesco Bagnaia cetak rekor baru dalam karir profesional sebagai pembalap MotoGP dan rider Ducati pabrikan

Bagnaia Cetak Rekor Baru di MotoGP Austria 2022
Photo: @peccobagnaia

TRENOTO – Francesco Bagnaia cetak rekor baru setelah memenangkan balapan di MotoGP Austria 2022. Buah kemenangan tersebut Ia juga berhasil memangkas selisih poin dengan Fabio Quartararo.

Bagnaia tampil sempurna pada MotoGP Austria 2022 dan nyaris tanpa perlawanan berarti. Memulai balapan dari posisi kedua, pembalap tim Ducati Lenovo tersebut merebut tempat pertama sejak tikungan pertama.

Terhitung Pecco (sapaan Bagnaia) hanya mendapat perlawanan dari rekan satu timnya yakni Jack Miller satu kali. Setelah itu, Miller mampu lagi mendekati Pecco dan cenderung menjauh.

Photo : Twitter

“Saya memiliki banyak momen pada ban depan dan mulai berkata pada diri sendiri : Jika saya tetap berada di belakang dia (Miller), maka tekanan udara ban depan akan meningkat terlalu tinggi,” kata Pecco seperti dikutip Speedweek.

Pecco yang nyaman di depan sempat diincar oleh Quartararo jelang balapan berakhir. Namun pembalap dengan nomor start 63 tersebut berhasil menyudahi lomba di posisi pertama.

Berhasil memenangkan balapan di sirkuit Red Bull Ring, Austria, Pecco menorehkan rekor baru. Setidaknya terdapat dua rekor pribadi yang Ia samai hasilnya pada paruh kedua musim MotoGP 2022.

Baca juga : Penuh Drama, Bagnaia Menang MotoGP Austria 2022

Rekor pertama adalah kemenangan ketiga berturut-turut bersama Ducati di MotoGP. Rekor ini semula hanya dipegang oleh seniornya yakni Casey Stoner pada 2008.

Rekor kedua setelah kemenangan di MotoGP Austria 2022 adalah menjadi pembalap Italia kedua yang memenangkan tiga balapan tiga kali berturut-turut. Ia menyamai torehan rekor milik sang mentor yakni Valentino Rossi.

Selain itu, Ducati juga membukukan catatan positif baru melalui Bagnaia. Ducati berhasil mengantarkan pembalapnya untuk memenangkan delapan kemenangan dalam 1 musim MotoGP.

Photo : @peccobagnaia

Hal ini terakhir kalinya diraih Ducati pada 2007. Kala itu Ducati yang merupakan tim asal Italia masih diperkuat oleh Casey Stoner.

Kemenangan Pecco sendiri membuat dirinya kembali membuka peluang untuk menjadi juara dunia MotoGP 2022. Sebelumnya Ia diragukan karena kerap membuat kesalahan dan pulang tanpa poin.

Usai MotoGP Austria 2022, Quartararo yang finish kedua tetap perkasa di puncak klasemen sementara MotoGP 2022. Urutan kedua masih dihuni Aleix Espargaro diikuti Bagnaia.

Klasemen Sementara MotoGP 2022

  1. Fabio Quartararo 200 poin
  2. Aleix Espargaro 168 poin
  3. Francesco Bagnaia 156 poin
  4. Johann Zarco 125 poin
  5. Jack Miller 123 poin
  6. Enea Bastianini 118 poin
  7. Brad Binder 107 poin
  8. Alex Rins 92 poin
  9. Jorge Martin 87 poin
  10. Miguel Oliveira 85 poin

Artikel Terkait