Bagnaia Tumbang, Quartararo Raja Baru MotoGP Jerman 2022

Fabio Quartararo raja baru MotoGP Jerman 2022 tanpa kehadiran Marc Marquez yang masih di masa pemulihan

Bagnaia Tumbang, Quartararo Raja Baru MotoGP Jerman 2022
Photo: Yamaha Racing

TRENOTO – Fabio Quartararo berhasil memenangkan balapan di Sachsenring. Setelah pesaing terdekatnya Francesco Bagnaia tumbang, Quartararo raja baru MotoGP Jerman 2022.

Beberapa pembalap terjatuh pada seri kesepuluh ajang balap motor paling populer di seluruh dunia. Bagnaia yang terjatuh pada lap ketiga, disusul Joan Mir tidak lama kemudian.

Pembalap satelit Yamaha yakni Darryn Binder juga harus merasakan panasnya aspal Sachsenring, Jerman. Maverick Vinales yang sempat memberikan tekanan pada rekan satu timnya Aleix Espargaro, terpaksa kembali ke paddock.

Mantan pembalap Yamaha tersebut mengalami kendala teknis motor Aprilia tunggangannya. Lalu Pol Espargaro juga harus kembali ke pit karena mengalami masalah pada Honda RC213V miliknya.

Photo : Yamaha Racing

Jalannya Lomba MotoGP Jerman 2022

Quartararo yang kehilangan pesaing utamanya mulai menjauh dari pembalap di belakangnya. Johann Zarco sempat memperpendek waktu namun kondisi bannya tidak memungkinkan dan justru semakin menjauh.

Seperti disebutkan di atas persaingan dua pembalap Aprilia disudahi dengan Vinales kembali ke pit. Lalu datang Jack Miller menyerang Espargaro di depannya secara konstan.

Miller seolah mendapat tenaga tambahan setelah dihukum long lap penalty di awal lomba. Hebatnya Ia naik podium setelah mengalahkan Espargaro jelang balapan berakhir di Sachsenring.

Quartararo berhasil melintasi garis finish setelah melahap 30 lap di tempat pertama. Berkat kemenangan ini, Ia sah sebagai raja baru MotoGP Jerman atau Sachsenring.

Balapan kali ini sendiri menjadi kemenangan pertama Quartararo di sirkuit anti clockwise atau kebalikan dari arah jarum jam yang lebih melelahkan.

Photo : TrenOto

Ia juga berhasil mempertahankan posisi puncak klasemen sementara dengan raihan 172 poin. Posisi kedua masih dihuni Aleix Espargaro dengan capaian 138 poin.

Selisih kedua pembalap saat ini menjadi 34 poin dan sisa balapan masih 10 seri lagi ke depannya.

Hasil MotoGP Jerman 2022

  1. Fabio Quartararo
  2. Johann Zarco
  3. Jack Miller
  4. Aleix Espargaro
  5. Luca Marini
  6. Jorge Martin
  7. Brad Binder
  8. Fabio Di Giannantonio
  9. Miguel Oliveira
  10. Enea Bastianini
  11. Marco Bezzecchi
  12. Raul Fernadez
  13. Franco Morbidelli
  14. Andrea Dovizioso
  15. Remy Gardner
  16. Stefan Bradl

Artikel Terkait