Balap ATC di Sirkuit Mandalika Mundur, Ini Jadwal Terbarunya

Balapan Asia Talent Cup (ATC) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat sejatinya digelar akhir pekan kemarin (14/11/2021)

Balap ATC di Sirkuit Mandalika Mundur, Ini Jadwal Terbarunya
Photo: antara

TRENOTO –  Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, seharusnya menggelar balap pertamanya, race Asia Talent Cup (ATC), Minggu (14/11/2021).

Bila sesuai jadwal, terdapat dua balap yang masing-masing dijadwalkan pada pukul 11.00 dan 15.00 WIB. Penundaan yang dilakukan dikonfirmasi langsung oleh Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) melalui situs resminya.

Dalam situs tersebut diketahui, balap akan dijadwalkan ulang oleh para panitia. Apabila sesuai perubahan jadwal, IATC akan dilakukan akhir pekan depan.

"Balapan Idemitsu Asia Talent Cup yang akan berlangsung di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika pada hari Minggu 14 November telah dijadwalkan ulang untuk berlangsung akhir pekan depan," tulis situs resmi IATC.

Terdiri dari empat balapan, acara IATC akan berlangsung bersamaan dengan terselenggaranya ajang balap World Superbike (WSBK). Hal ini telah dikonfirmasi Dorna Sports, bersama dengan Mandalika Grand Prix Ascociation.

"Dorna Sports, bersama dengan Mandalika Grand Prix Ascociation, dapat mengonfirmasi bahwa final musim ATC akan terdiri dari empat balapan dan berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 November, bersama WorldSBK," tulis informasi serupa.

Dalam pemaparannya, IATC juga menyebut, putaran ATC pertama di sirkuit Mandalika dilakukan agar sirkuit baru dapat menguji fasilitas dan layanan lintasannya. "Tantangan dalam Organisasi Olahraga telah diidentifikasi dan sekarang sedang ditangani untuk memastikan keselamatan pengendara setelah balapan berlangsung," tutup informasi tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, Trenoto telah sudah mencoba menghubungi pihak MGPA terkait alasan penundaaan race day Asia Talent Cup. Namun, pihak MGPA masih enggan merespons hal tersebut.

Sebagai informasi, aspal sirkuit lintasan utama Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki panjang 4,310 kilometer dengan 17 tikungan.

Untuk memenuhi spesifikasi khusus pembangunan Sirkuit Mandalika, sistem pengaspalan yang digunakan ialah metode BIM.

Tak hanya itu, pembangunan lintasan utama MotoGP di Sirkuit Mandalika  juga menggunakan standar mutu Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dengan kategori sirkuit kelas A sehingga dapat digunakan dalam event grand prix.

Penyebab balap ATC mundur

Artikel Terkait