Bamsoet dan Sean Gelael Kecelakaan, Ini Spek Citroen C3 R5

Citroen C3 R5 yang ditumpangi Bambang Soesatyo dan dikemudikan Sean Gelael mengalami kecelakaan hebat

Bamsoet dan Sean Gelael Kecelakaan, Ini Spek Citroen C3 R5
Photo: PSA Motorsport

TRENOTO – Bambang Soesatyo menjadi navigator dari pebalap Sean Gelael saat menjalani Kejurnas Sprint Rally di Meikarta, Bekasi, 27 – 28 November 2021. Nahas mobil yang ditumpangi oleh Ketua Umum IMI tersebut mengalami kecelakaan mengerikan.

Berdasarkan gambar maupun video yang tersebar di sosial media, Bamsoet (sapaan akrab Bambang Soesatyo) dan Sean Gelael tidak mengalami cedera serius. Meskipun Citroen C3 R5 yang digunakan mengalami kerusakan cukup parah.

Citroen C3 R5 terlihat ringsek pada bagian belakang dan depannya. Terlihat dalam video bahwa mobil hatchback tersebut terpelanting dan berputar usai melindas gundukan.

Photo : istimewa

Citroen C3 R5

Citroen C3 R5 adalah mobil reli yang dirancang khusus oleh Citroen World Rally Team. Mobil ini dibangung secara khusus untuk kejuaraan reli di kelas R5.

Kelas R5 berada satu tingkat di bawah kejuaraan reli WRC (World Rally Championship). Meskipun kelasnya berada di bawah WRC, namun spek kelas R5 tidak bisa dianggap remeh.

Citroen C3 R5 mengusung mesin 1.600 cc turbo, 16-valve yang disokong ECU SRG Magneti Marelli. Output dari mesin diyakini mampu menghasilkan daya 285 hp pada 5.000 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 4.000 rpm.

Lalu tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual lima percepatan Sadev sequential gearbox. Tenaganya menggerakkan keempat rodanya atau four wheel drive ditambah front and rear mechanical differential self-locking.

Citroen C3 R5 yang ditunggangi Sean Gelael dan Bambang Soesatyo dipasarkan seharga Rp7 miliar. Mobil reli tersebut dalam beberapa kesempatan mendominasi gelaran kejurnas sprint rally.

Berikut Spesifikasi Lengkap Citroen C3 R5

CHASSIS 

Structure : Reinforced body with welded, multi-point roll cage

Bodywork : Steel and composite fiber

ENGINE 

Type : Citroën Racing 1.6liter turbocharged engine with FIA regulated 32mm restrictor

Bore x Stroke : 77 x 85.8 mm

Capacity : 1598 cc

Maximum power : 282 bhp at 5000 rpm

Maximum torque : 420 Nm at 4000 rpm

Specific output : 178 bhp/L

Distribution : Double overhead camshaft driven by chain, 4 valve per cylinder

Fuel feed : Direct injection controlled by SRG Magneti Marelli unit

 

CLUTCH 

Type : Cerametallic twin-disk

TRANSMISSION 

Type : Four wheel drive

Gearbox : Sadev 5-speed sequential gearbox - Manual control

Différentials : Front and rear mechanical differential, self-locking

 

BRAKES 

Front : Ventilated disks, 355mm (tarmac) and 300mm (gravel) - Alcon 4-pistons calipers

Rear : Ventilated disks, 355mm (tarmac) and 300mm (gravel) - Alcon 4-pistons calipers

Handbrake : Hydraulic control

SUSPENSIONS 

Type : McPherson

Shock absorbers : Reiger three-way adjustable (low and high speed compresion, rebound)

STEERING 

Type : Hydraulic power assisted steering

WHEELS 

Tarmac : 8x18" wheels - Michelin tyres

Gravel : 7x15" wheels - Michelin tyres

DIMENSIONS, WEIGHT AND CAPACITY 

Lenght - Width : 3996 mm - 1820 mm

Wheel base : 2567 mm

Track : 1618 mm (avant et arrière)

Fuel tank : 81 liters

Weight : 1230 kg minimum / 1390 kg with crew (regulated)

 

Artikel Terkait