Baru Turun, Toyota GR Yaris AP4 Dominasi Kerjurnas di Malang

Toyota GR Yaris AP4 berhasil meraih kemenangan pada Kejurnas seri Malang yang berlangsung beberapa waktu lalu

Baru Turun, Toyota GR Yaris AP4 Dominasi Kerjurnas di Malang
Photo: Toyota

TRENOTO – Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) divisi balap reli berhasil meraih hasil optimal pada Kejuaraan Nasional (kejurnas) Sprint Rally 2022. Mereka berhasil meraih posisi pertama di kelas M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2 yang berlangsung di sirkuit Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur (21 – 24 Juli 2022).

Dalam seri ini, mereka menggunakan Toyota GR Yaris yang telah dirombak sesuai regulasi AP4 dan dikemudikan oleh Ryan Nirwan serta Adi Indiarto sebagai co-driver. Prestasi tersebut pun langsung mendapat apreasiasi dari Toyota Astra Motor.

“Senang sekali performa GR Yaris yang memang lahir dari ajang balap rally dunia WRC, dapat mendukung tim TGRI tampil mendominasi di seri pembuka salah satu ajang balap nasional paling bergengsi yaitu Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 dengan baik,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM)

Photo : Toyota

Kehadiran TGRI dengan menggunakan Toyota GR Yaris AP4 memang cukup mendapat perhatian. Pasalnya selama ini TGRI memang sudah memiliki banyak prestasi ditambah mobil baru yang telah mendapat ubahan optimal, tentu berpotensi untuk meraih lebih banyak kemenangan ke depannya.

Di putaran pertama, tim TGRI berhasil meraih catatan waktu tercepat 04:43.7 saat Special Stage 1 (SS1) dan 04:34.5 pada Special Stage 2 (SS2). Capaian positif ini berlanjut ke putaran kedua di hari berikutnya, di mana GR Yaris AP4 berhasil mencatatkan waktu tercepat 04:27.3 di SS1 dan 04:24.4 di SS2 sehingga  tim TGRI berhasil mengamankan juara pertama.

Toyota GR Yaris AP4 telah mendapat beragam modifikasi hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin serta pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing, serta ventilasi pada kap mesin hingga atap dengan bobot lebih ringan. Meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Photo : Toyota

Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi oleh side fender besar pada keempat roda demi mengalirkan udara dengan baik. Spoiler atap besar di belakang dan diffuser di bawah ditambahkan untuk meningkatkan downforce.

Suspensi depan serta belakang juga dimodifikasi, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver maksimal. Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar serta pembatas tekanan udara.

Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang.

Artikel Terkait