BRIN Bakal Modifikasi Cuaca Demi MotoGP Mandalika 2022

Modifikasi cuaca demi MotoGP Mandalika berjalan sukses akan dilakukan BRIN dengan menggunakan operasi TMC

BRIN Bakal Modifikasi Cuaca Demi MotoGP Mandalika 2022
Photo: Antara

TRENOTO – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan melakukan modifikasi cuaca untuk mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022. Modifikasi cuaca demi MotoGP Mandalika, mereka akan melakukan operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Dilansir dari Antara, BRIN akan melakukan modifikasi cuaca dengan menggunakan teknologi terkini. Sehingga curah hujan bisa diminimalisir sekaligus mencegah turunnya hujan.

“BRIN siap berpartisipasi untuk menyukseskan penyelenggaraan series MotoGP 2022 melalui dukungan operasi TMC,” kata Salim Mustofa, Pelaksana tugas Direktur Penguatan dan Kemitraan, Infrastruktur Riset dan Inovasi BRIN.

Seperti diwartakan sebelumnya, gelaran MotoGP Mandalika diperkirakan akan turun hujan. Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Disebutkan bahwa mulai Jumat hingga Minggu pada jalannya balapan, akan turun hujan lebat yang disertai angin puting beliung. Hal inilah yang mendasari BRIN turun tangan membantu kesuksesan ajang MotoGP Mandalika.

Photo : Antara

Disebutkan bahwa pihak BRIn telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementrian Koordinator Maritim dan Investasi (Menkomarves) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), untuk melaksanakan operasi TMC.

Adapun BRIN telah mengirimkan 15 personel dari Laboratorium Pengelolaan TMC dan Sekretariat Deputi Infrastruktur Riset dan Inovasi, guna menjalankan operasi TMC.

Dalam pelaksanaannya, TMC dilakukan dengan menggunakan satu unit pesawat Casa 212-200 dari skuadron 4 TNI AU Lanud Abdulrahman Saleh Malang. Komando operasi dipegang oleh Koordinator Lapangan yakni M Djazim Syaifullah.

“Setiap harinya kami bersama BMKG selalu menganalisa data cuaca dan memonitor pertumbuhan awan dari radar, untuk menentukan strategi penyemaian yang akan kami laksanakan,” ucap Djazim.

Lebih lanjut Ia mengatakan bahwa jika terpantau pertumbuhan awan potensial hujan, TMC akan melakukan persiapan sorti penyemaian. Dengan ini bisa mempercepat proses hujan sehingga turunnya tidak di Mandalika.

Pelaksanaan operasi TMC di Mandalika menindaklanjuti permintaan dari BNPB yang disampaikan kepada BRIN melalui Surat No.: S-52/KA BNPB/PD.01/03/2022 tanggal 12 Maret 2022 perihal Permohonan Dukungan Kegiatan Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di NTB.

Pelaksanaan TMC juga didasarkan atas permintaan Gubernur NTB sehubungan dengan telah ditetapkannya status siaga darurat bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di Provinsi NTB.

Artikel Terkait