DKI Jakarta Gelar Formula E 4 Juni 2022, Lokasi Masih Rahasia

Jakarta dipastikan akan menggelar balapan Formula E pada 4 Juni 2022, meskipun lokasi acara hingga saat ini masih belum diputuskan

DKI Jakarta Gelar Formula E 4 Juni 2022, Lokasi Masih Rahasia
Photo: 123RF

TRENOTO – Jakarta sudah resmi menjadi tuan rumah ajang Formula E 2022 pada 4 Juni 2022. Keputusan ini dilansir oleh FIA World Motor Council di Paris, 15 Oktober 2021.

Alberto Longo, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E menyatakan bahwa Jakarta memiliki peran penting bagi kejuaraan tersebut. Ajang ini juga dianggap selaras dengan visi pemerintah.

“Dalam merealisasikan filosofi mengurangi ketergantungan pada energi ketergantungan dan beralih pada energi ramah lingkungan, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia, sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil,” kata Longo.

Ajang Formula E di Ibu Kota pada 4 Juni 2022, dikaitkan dengan program Jakarta Langit Biru. Harapannya tidak lain adalah semakin mempopulerkan kendaraan ramah lingkungan.

“Gubernur Anies ingin menggeser kendaraan pribadi dengan umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik. Ini adalah upaya lintas generasi dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial,” jelasnya kemudian.

Formula E pada 2022 akan memasuki musim ke-8. Balapan ini sendiri akan hadir di kota-kota ikonik dunia termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Rome, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London dan Seoul.

Photo : Jakarta.go.id

Jakarta dikatakan akan menjadi kota pertama yang menjadi tuan rumah Formula E musim kedelapan.

Lokasi penyelenggaraan (venue)

Jakarta yang sudah diputuskan untuk menjadi tuan rumah pada 4 Juni 2022, namun belum menentukan lokasi penyelenggaraan (venue). Monas yang sebelumnya digadang-gadang sebagai venue ternyata batal karena masalah perizinan.

Padahal disebutkan ajang Formula E identik dengan sirkuit jalan raya yang menampilkan ikon dari kota penyelenggara. Maka dari itu konsep langit biru dikatakan sesuai dengan misi Formula E.

Meskipun tidak berhasil menggelar balapan di Monas, Jakpro selaku penyelenggara telah mencari opsi lainnya. Namun pengganti Monas tetap harus menunjukkan identitas dari kota itu sendiri.

“Kami ingin masyarakat dunia menyasikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia. Hal ini dimaksudkan bagi turis maupun investor,” kata Widi Amanasto, Direktur Utama Jakpro melalui siaran persnya.

2022 bisa dibilang sebagai momen kebangkitan Indonesia dalam dunia olahraga cabang motorsport. Selain menjadi tuan rumah Formula E, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah MotoGP, setelah pada akhir 2021 menggelar WSBK.

Artikel Terkait