Enea Bastianini Sukses Taklukkan MotoGP Perancis 2022

Enea Bastianini sukses taklukkan MotoGP Perancis 2022 dengan mengalahkan Jack Miller dan Aleix Espargaro

Enea Bastianini Sukses Taklukkan MotoGP Perancis 2022
Photo: twitter

TRENOTO – Enea Bastianini sukses taklukkan MotoGP Perancis 2022 setelah Francesco Bagnaia terjatuh. Posisi kedua dihuni Jack Miller dan diikuti Aleix Espargaro.

Fabio Quartararo terpaksa menyudahi balapan di tempat keempat setelah kondisi ban motornya aus. Ia tidak bisa mengalahkan Espargaro di depannya meskipun telah mencoba melakukan beberapa kali tekanan.

Meskipun hanya menempati posisi keempat, namun pembalap asal Perancis ini tetap memimpin klasemen sementara. Ia telah mengumpulkan  poin diikuti Espargaro di urutan kedua dengan  poin.

Jalannya Lomba

Memulai balapan dari posisi terdepan, Bagnaia tidak melakukan start yang mulus. Posisi terdepan langsung diambil rekan satu timnya yakni Miller.

Persaingan untuk memperebutkan barisan terdepan juga cukup sengit pada awal lomba. Bahkan Marc Marquez sempat membuat kejutan dengan menyalip Takaaki Nakagami dan Quartararo sekaligus.

Photo : Twitter

Namun superioritas Quartararo sebagai juara bertahan mampu mengambil alih dua posisi di depannya. Sementara duo Suzuki Ecstar cukup impresif dengan menguntit trio Ducati.

Sayang kedua pembalap Suzuki menyelesaikan lomba lebih awal. Alex Rins lebih dulu mencium aspal sirkuit Le Mans setelah kehilangan keseimbangan motornya.

Lalu Joan Mir juga mengikuti jejak rekan satu timnya. Juara dunia MotoGP 2020 tersebut kehilangan grip ban depannya dan menyudahi balapan lebih cepat.

Aksi heroik dipertontonkan oleh Bastianini yang cukup sabar menguntit Bagnaia dari posisi kedua. Setelah mengatasi Miller sebelumnya, pembalap Gresini Racing tersebut tampil terus menekan Bagnaia.

Pembalap muda dari tim satelit Ducati tersebut berhasil membuat seniornya kewalahan. Tekanan dari Bastianini yang dilakukan secara konstan selama beberapa putaran.

Setelah cukup lama bertahan, motor Ducati Bagnaia mulai kehilangan grip ban depan. Diawali dengan telat melakukan pengereman yang membuat dirinya melebar.

Lalu pada lap berikutnya pembalap bernomor start 63 tersebut benar-benar harus kehilangan seluruh poin.

Photo : Twitter

Bastianini melintasi garis finish dan mencetak kemenangan di MotoGP Perancis 2022.

Berikut Hasil MotoGP Perancis 2022

  1. Enea Bastianini Gresini Racing
  2. Jack Miller Ducati Corse
  3. Aleix Espargaro Aprilia Racing
  4. Fabio Quartararo Monster Yamaha
  5. Johann Zarco Pramac Racing
  6. Marc Marquez Repsol Yamaha
  7. Takaaki Nakagami LCR Honda
  8. Brad Binder Red Bull KTM
  9. Luca Marini Mooney VR46 Racing
  10. Maverick Vinales Aprilia Racing
  11. Pol Espargaro Repsol Honda
  12. Marco Bezzecchi Mooney VR46 Racing
  13. Fabio Di Giannantonio Gresini Racing
  14. Alex Marquez LCR Honda
  15. Franco Morbidelli
  16. Andrea Dovizioso WithU Yamaha RNF
  17. Darryn Binder WithU Yamaha RNF

Artikel Terkait